Terbatas, Motor Hesketh Valiant SC Dibuat Liar dengan Supercharger

1
Hesketh Valiant SC
Model ketiga Hesketh, Valiant SC bertenaga liar dengan supercharger. Foto: Hesketh (Gun Hill Studio)

NaikMotor – Dengan produksi secara handmade, Hesketh Valiant SC dibuat liar dengan supercharger yang dimilikinya. Produk terbatas Hesketh Motorcycle itu bermesin 2,1 liter V-twin supercharger dengan keluaran 210 daya kuda.

Valiant SC, produk terbatas Hesketh Motorcycles yang mengambil nama pesawat bomber nuklir yang selalu terbang sangat tinggi, dan melegenda pada 1950-60-an. Pesawat high-altitude produk Vickers-Armstrongs milik Angkatan Udara Inggris.

Hesketh Valiant SC
Hesketh Valiant SC, dengan supercharger Rotrex. Foto: Hesketh (Gun Hill Studio)

Sehingga dengan nama yang disesuaikan dengan pesawat bomber itu, desain Hesketh Valiant SC menampilkan sosok roadster liar. Valiant SC menjadi model ketiga pabrikan eksotik Hesketh Motorcycles.

Roadster Hesketh itu ditenagai mesin 2.097 cc produk S&S X-Wedge yang dipadu dengan supercharger Rotrex. Mesin ditune oleh TTS Performance agar optimal keluaran dayanya. Hasilnya, luar biasa 210 daya kuda @ 5.500 rpm dan 295 Nm hanya pada 3.000 rpm.

Hesketh Valiant SC
Hesketh Valiant SC bermesin S&S X-Wedge yang ditune oleh TTS Performance . Foto: Hesketh (Gun Hill Studio)

Pada bagian penghenti lajunya, Hesketh menampatkan sepasang kaliper billet dengan 6 piston yang didesain sendiri oleh Hesketh. Perangkat rem di bagian belakang dipercayakan pada produk Brembo kaliper 4 piston.

Sebagai bahan rangka cradle-nya, Hesketh menggunakan bahan alloy baja chromium-molybdenum, yang didesain dan dirancang khusus untuk Hesketh oleh GIA Engineering.

Sedangkan untuk peredaman, Valiant SC mengandalkan produk K-Tech. Model Razor untuk kedua shockabsorber di belakang dan garpu depan USD hitam model K-Tech KTR-3 racing dengan bagian internal Öhlins.

Hesketh Valiant SC
Diproduksi terbatas, Valiant SC akan dihadirkan pertengahan 2017. Foto: Hesketh (Gun Hill Studio)

Pada bagian transmisi dan perangkat lain, pabrikan dari Inggris itu menempatkan produk gado-gado, mulai dari Rizoma, Magura, Domino, Motogadget hingga Smiths.

Dengan berbagai perangkat aftermarket dan berperforma tinggi itu, berat kosong Valiant SC sekitar 239 kg.

Hesketh Valiant SC yang dirangkai secara manual itu akan diproduksi secara terbatas, hanya saja berapa unit-nya tak disebutkan. Roadster liar Hesketh itu akan dipasarkan pertengahan 2017 dengan harga sekitar Rp 813 juta di Inggris. (Afid/nm)

Hesketh Valiant SC

1 COMMENT

  1. […] Sekilas tentang motor Hesketh Sonnet memang mirip dengan Hesketh 24, yang diproduksi terbatas sejak 2014. Sesuai namanya, produk tersebut terbatas hanya ada 24 unit. Tetapi Sonneth dihadirkan dengan sosok lebih moderen. Uniknya, baik 24 maupun Sonnet tidak menggunakan nama model dengan huruf awal V, seperti kebiasaan Hesketh, mulai Vampire, atau model mendatang Valiant SC. […]

LEAVE A REPLY