Final Tes MotoGP Qatar : Vinales Menggila, Marc Apes dan Fairing Baru

0
Final Tes MotoGP Qatar 2017
VInales tak tertahan untuk kembali meraih yang tercepat di final tes MotoGP Qatar, Minggu (12/3/2017). Foto: Crash Media

NaikMotor – Luar Biasa! Maverick Vinales kembali mencatatkan dirinya sebagai yang tercepat di final tes MotoGP Qatar 2017 melanjutkan dominasinya dari tiga rangkaian tes Valencia, Sepang dan Phiilip Island, Minggu (12/3/2017) di Sirkuit Losail.

Hebatnya lagi, Vinales mampu menajamkan waktu pencapaiannya sepersepuluh detik ketimbang hasil hari sebelumnya dengan 1: 54,330 detik. Di belakang Top Gun, muncul Dovizioso berselisih 0,071 detik serta Pedrosa di posisi ketiga yang lebih lambat 0,139 detik.

Yang patut dicermati adalah konsistensi Vinales dalam sesi flyling lap ketika melakukan simulasi balapan sebanyak  23 lap dengan kecepatan konstan 1:55 detik dan hanya meleset sekali. Tidak ada yang bisa menandingi race pace Vinales bahkan Dovi sekalipun yang paling dekat, namun berbeda tiga atau empat persepuluh detik di bawahnya.

Lorenzo juga mencatat hasil baik di urutan keempat untuk berhasil membuktikan bisa membukukan waktu terbaiknya dengan ban lunak. Lorenzo sempat menguji fairing baru Ducati yang radikal untuk kemudian melakukan sesi long run meski waktunya kurang signifikan.

Yang apes di final tes MotoGP Qatar 2017 adalah Marquez yang terlempar ke urutan 11 serta mengalami jatuh hingga tiga kali selama tes. Marquez juga menjajal fairing baru lagi di motornya meski tanpa pelengkap aerodinamis.

Disinyalir, revisi fairing dari sebelumnya ditujukan bukan hanya untuk meredam roda mengangkat namun juga menjadi aliran khusus udara ke mesin. Entah apa yang terjadi dengan Marquez tadi malam hingga terjungkal tiga kali, pembalap lain yang mencium aspal Losail adalah Petruci, Sam Lowes, Aleix Espargaro, Bautista dan Iannone.

Selain Marquez, yang meredup di sesi final tes MotoGP Qatar 2017 juga adalah Rossi, berbeda dengan hasil kemarin meski bisa duduk di urutan keenam. Rossi juga tidak melakukan long run pada malam tadi. Nama lain yang melempem di hari terakhir juga Suzuki dengan Iannone yang harus puas di posisi ke-13.

Oiya, sesi terakhir tes MotoGP Qatar juga dimanfaatkan tim Aprilia Racing Gresini untuk mencoba fairing baru di motor Aleix Espargaro, termasuk motor RC213V besutan Cal Crutchlow yang juga menggunakan fairing model baru.

Pastilah seri perdana MotoGP Qatar 2017 pada 26 Maret mendatang di sirkuit yang sama akan menyajikan pertarungan baru, dan semua tertuju pada Vinales. (Arif/nm)

Sumber foto: MCN, Crash Media, Dorna MotoGP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here