Pecah, Inilah Penjelasan Misteri Salad Box Ducati Desmosedici GP17

0
1973
Misteri Salad Box Ducati
Salad Box Ducati Desmosedici GP17 yang ternyata bagian dari desain fairing. Foto: MCN

NaikMotor – Banyak orang penasaran dengan desain ekor motor balap Ducati GP17 berbentuk kotak sejak pertama digunakan di test privat di Sepang (25/1/2017) lalu. Kini misteri Salad Box Ducati Desmosedici GP17 diungkap sendiri oleh internal tim balap Ducati.

Tentu saja rasa penasaran publik terutama para jurnalis balapan sepeda motor konsep dunia semakin menjadi besar, ketika Michele Pirro, test rider Ducati menyebutnya sebagai Salad Box. Karena saat di Sepang itu Pirro mengatakan secara berseloroh, “Kotak itu untuk menyimpan makan siang, agar tetap hangat, karena area itu memang panas.”

Karena desain kotak yang cukup besar di ekor Desmosedici GP17, dan membuat posisi ujung knalpot digeser ke sisi kanan dari posisi semula di tengah. Maka spekulasi sempat merujuk pada paten yang tengah diajukan Ducati akan knalpot jet, dan kotak itupun dianggap sebagai wadah untuk elektronik pengatur kerja knalpot jet tadi.

Knalpot jet itu memiliki ujung seperti ujung mesin jet pesawat tempur yang akan mengecil untuk menambah daya dorong (thrust). Dan pada konsep Ducati dimaksudkan untuk menambah daya tekan (downforce) untuk meningkatkan traksi roda depan saat menikung agar lebih tajam, seperti yang diinginkan para pembalap MotoGP Ducati.

Misteri Salad Box Ducati

Uniknya, sampai tes di Phillip Island pada pertengahan Februari 2017 pun tim pabrikan dari Borgo Panigale Italia itu masih bungkam akan fungsi Salad Box itu. General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna sebenarnya sudah memberikan gambaran, “Pokoknya itu bukan konsep, hanya bagian dari desain fairing.”

Lebih lanjut Gigi menyatakan, “Kotak itu memang ada isinya tetapi bukan juga berisi bahan bakar (sebagai pemberat). Kami memodifikasi knalpot agar desainnya pas, dengan menggeser knalpot 30 mm ke kanan, jadi bukan pula modifikasi besar-besaran.”

Sebagai penutup pernyataannya, Gigi hanya menjelaskan, “Memang sejak Sepang kami desain demikian, tetapi bisa saja terus demikian hingga Maret. Bukan sesuatu yang definitif, sesuatu yang harus diuji dan diuji lalu memperbandingkannya.”

Namun saat latihan pramusim di Qatar, sebuah sumber internal tim Ducati menyampaikan kepada media MCN, kalau isi kotak di bagian ekor itu adalah berbagai komponen dan elektronika yang selama itu ditaruh di bagian depan. Sehubungan dengan desain baru fairing winglet depan Desmosedici GP17 yang dirancang radikal dengan rongga besar mirip teknologi aerodinamis di mobil F1. Maka, demi keamanan dan pertimbangan teknis, komponen tadi hijrah ke bagian ekor. Akhirnya, misteri Salad Box Ducati Desmosedici GP17 pun terpecahkan. (Afid/nm)

Foto: Crash Media

LEAVE A REPLY

*