Tim Yamaha Indonesia Unduh Data Penting di Hari Pertama Tes ARRC Johor

1
Merah Putih Di Yamaha M1 MotoGP
Galang Hendra dan Rey Ratukore di hari pertama tes ARRC Johor. Foto: Yamaha

NaikMotor – Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI) memanfaatkan hari pertama tes Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Johor, Malaysia, Rabu (15/3/2017) untuk memantapkan settingan motor. Untuk AP250, YRI fokus menjajal peranti fairing baru yang berpengaruh pada aerodinamika motor dan setup ECU di hari pertama tes ARRC Johor.

Galang Hendra Pratama yang memacu Yamaha R25 di kelas AP250 membuat waktu putaran terbaik kelima, mengemas rekor 1 menit 45,314 detik. meskipun sempat terjatuh, Galang merasa performa pacuannya sudah cukup memuaskan.

“Hasil dari practice satu hingga tiga mengalami peningkatan. Setting suspensi belakang yang sudah dilakukan dari sesi dua (tes) hasilnya baik. Untuk mesin juga mengalami peningkatan, hanya terdapat kendala bagian slipper-clutch dan untuk kali ini cocok memakai yang standar,“ ungkap Galang.

Sementara itu, Reynaldo Christian Ratukore yang mendapatkan posisi ketujuh di hari pertama tes AP250 ARRC mengaku masih butuh penyesuaian pada motor dan gaya balap sebelum memasuki musim kompetisi awal April mendatang.

“Kita masih melakukan serangkaian menu, agar di practice hari kedua bisa lebih baik, termasuk melakukan simulasi balap seri pertama,“ ujar Rey.

Mencoba semua opsi setup dilakukan tim YRI pada motor Yamaha MX-King yang digunakan Wahyu Aji Trilaksana di kelas UB150. Hasilnya, di hari pertama tes, juara UB130 ARRC 2016 itu tidak mendapatkan waktu lap terbaik.

“Kita masih mencari settingan terbaik. Tes sesi pertama (kami) melakukan penyesuaian pada sasis, suspensi dan final gear, di sesi kedua masih meriset mapping pengapian,” jelas Wahyu yang menempati peringkat 12 daftar waktu lap tercepat hari pertama tes ARRC Johor.

Yamaha Indonesia juga memperhatikan perkembangan pembalap tim satelit, seperti Anggi Permana yang bernaung di TIM Yamaha TJM, Anggi Permana. Pembalap asal Palu, Sulawesi Tengah itu terus berupaya untuk bisa akrab dengan motornya.

“Ini tahun pertama saya ikut ARRC, untuk mental dapat saya kendalikan, hanya memang butuh waktu untuk adaptasi sirkuit,“ cetus Anggi. Data yang didapatkan di hari pertama dijadikan acuan untuk mempersiapkan motor di hari kedua tes ARRC Johor.

“Ini adalah hari pertama tes kami di Johor. Galang dan Rey mulai menemukan set-up mereka masing-masing. Mulai dari sasis, fairing dan mencoba beberapa menu setting yang berbeda. Masukan dari mereka positif, merasa percaya diri dan nyaman dengan motornya. Salah satu tugas kita berupaya untuk melakukan simulasi balapan. Untuk Wahyu Aji, hari ini kita sudah menemukan banyak data dan terus menganalisa data tersebut. Yang nantinya akan diaplikasikan di sesi latihan di hari kedua,” urai Manajer Tim YRI, Wahyu Rusmayadi. (rls/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here