Adu Ketangkasan Mengendarai Motor di Jawa Barat, Ini Dia Pemenangnya

0
Adu Ketangkasan Mengendarai Motor
Kompetisi safety riding di jawa Barat dibuat DAM. Foto: DAM

NaikMotor – Sebanyak 35 peserta dari 18 paguyuban sepeda motor Honda di Jawa Barat beradu keterampilan mengendarai sepeda motor dalam kompetisi safety riding tingkat regional khusus komunitas, Sabtu dan Minggu (18-19/3/2017) di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan adu ketangkasan mengendarai motor yang digagas PT Daya Adicipta Motora itu dibagi ke dalam dua kategori, yakni kelas pria dan wanita.

Peserta di kelas pria harus melewati tahapan ujian menggunakan sepeda motor Honda CB150R Streetfire, sedangkan kelas wanita menggukan Honda Vario 150.

“Kompetisi safety riding mempertandingkan keseimbangan dan slalom course. Papan keseimbangan menguji keterampilan peserta dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan yang ekstra pelan namun tetap menjaga postur berkendara pada tempatnya. Sementara slalom course untuk menguji ketangkasan handling kemudi sepeda motor pada saat berbelok atau menikung,” ujar Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding DAM.

Adapun tahapan yang dilalui setiap peserta, yakni tes safety check, yakni pengendara sepeda motor harus memastikan keadaan lalu lintas di sekelilingnya aman sebelum menajalankan motor. Tes selanjutnya yaitu postur berkendara,yang mana peserta harus berkendara dengan posisi tubuh yang benar agar bisa mengendalikan sepeda motor dengan baik.

Materi lain yang diuji, yakni peserta melakukan keseimbangan secara ekstra pelan dan slalom secara cepat, mengoperasikan sepeda motor dengan tepat, kapan harus berjalan lambat kemudian menambah kecepatan pada saat yang benar. Terakhir, peserta melewati tes berkendara melalui rute yang disiapkan panitia, cara mereka menghadapi situasi lalu lintas saat berkendara dinilai oleh tim juri.

“Kompetisi Safety Riding merupakan tindak lanjut pelatihan safety riding yang diadakan oleh DAM untuk anggota komunitas di seluruh Paguyuban sepeda motor Honda di Jawa Barat. Kompetisi safety riding adalah kegiatan berupa lomba keahlian pengendalian sepeda motor yang aman dan nyaman. Keahlian yang dilombakan merupakan keahlian mengendalikan sepeda motor standar di jalan raya,” terang General Manager Sales, Marketing & Logistik DAM, Lerri Gunawan.

Pemenang di setiap kelas akan menjadi delegasi Jawa Barat di ajang kompetisi safety riding nasional yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada bulan Mei nanti di Surabaya, Jawa Timur.

“Kami berharap seluruh peserta kompetisi safety riding dapat mengampanyekan keselamatan berkendara kepada seluruh masyarakat agar dapat memberikan kesadaran bagi para pengguna sepeda motor terkait pentingnya keamanan berkendara dalam kegiatan sehari-hari yang pada akhirnya bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas,” ujar Lerri. (rls/NM)

Pemenang Kompetisi Safety Riding 2017 Regional Jawa Barat
Kategori Sport :
1. Khaerul Haryadi – Ikatan Motor Honda Bandung
2. Deri Krisnandi – Ikatan Motor Honda Bandung

Kategori Matic :
1. Annisa Lucy Prigita  – Komunitas Honda Motor Bogor
2. Kunthi Kayati – Ikatan Motor Honda Bandung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here