Tips Solusi Jika Roda Belakang Bergoyang

0
7622

Tips-Tromol-Roda

Jakarta (naikmotor) – Seiring waktu, komponen roda sepeda motor akan mengalami keausan. Tentu saja selalu ada gejala yang ditimbulkan, seperti bagian belakang terasa bergoyang, dan pastinya mempengaruhi kestabilan berkendara, terutama saat menikung.

Cara mengujinya dengan menggoyangkan roda ke kiri dan ke kanan, jika memang bergoyang maka sudah saatnya bearing atau laher roda diganti karena sudah aus. Tetapi meski sudah mengganti dengan laher baru ternyata roda masih bergetar, maka periksa dudukan laher di tromol.

Periksa kerenggangan antara dudukan laher di tromol, jika terlalu renggang meski dengan laher baru, cobalah periksa apakah laher yang digunakan orisinal. Kalaupun ternyata memang komponen OEM, maka tromol atau pelek cast tersebut harus sudah diganti.

Namun, untuk sementara waktu ada cara mudah dan murah untuk mengatasinya. Gunakan kawat serabut sebagai ganjal atau menutup kerenggangan tadi. Kawat serabut yang dapat digunakan bisa bekas kabel gas atau kabel rem yang lebih kaku dan keras.

Potong kawat tersebut 3-5 cm, secukupnya. Selipkan tiap potong ke celah antara laher dan dudukan laher di teromol, tetapi jangan terlalu banyak karena akan menyulitkan jika harus mengganti laher kembali kelak. Selanjutnya pasang laher dan jangan lupa memotong sisa kawat yang menonjol.

Catatan: Untuk mengganjal laher di teromol tidak disarankan menggunakan lempengan seng. Karena seng atau plat aluminium, karena umumnya seng lebih tebal. Sehingga putaran pelek menjadi tidak mulus seperti pelek peyang.(af/NM)

LEAVE A REPLY

*