Yamaha Menguasai Dua Podium Teratas Le Mans 24 Hour 2017

0
Yamaha Menguasai Dua Podium Teratas
Di seri ke-3 Yamaha menguasai dua podium teratas Le Mans 24 Hour 2017. Foto: EWC

NaikMotor – Tim satelit Yamaha GMT94 dan tim pabrikan Yamaha Austria Racing Team menjadi juara pertama dan kedua balap ketahanan. Sehingga Yamaha menguasai dua podium teratas Le Mans 24 Hour 2017.

Team GMT94 diperkuat oleh pembalap David Checa, Niccolò Canepa dan Mike Di Meglio, sedangkan tim pabrikan Yamaha Austria Racing Team (YART) dengan Broc Parkes, Marvin Fritz dan Kohta Nozane.

Tim GMT94 hanya berselisih waktu 19,819 dengan pemenang kedua, YART, setalh menyelesaikan bakapan ketahanan selama 24 jam di Sirkuit legendaris itu. Selain itu, kedua tim berhasil menyeleaikan 860 putaran selama sehari semalam memutari sirkuit sepanjang 4,18 km itu.

Posisi ketiga barulah ditempati oleh SRC Kawasaki dengan pembalap Randy de Punoet, Fabien Foret dan Mathieu Gines, dengan 12 putaran lebih sedikit dari para pemenang teratas. Tim sedikit mengalami masalah ketika salah satu pembalap terjatuh sehingga sedikit menunda perputaran mereka.

Dalam dalam balapan ketahanan itu YART sebenarnya sudah terlebih dahulu memimpin di sirkuit Perancis, tetapi pada 3jam terakhir sebelum balapan berakhir, GMT94 tiba-tiba berhasil menyalip mereka. Putaran terakhir itu GMT94 mengandalkan mantan pembalap MotoGP Mike Di Meglio hingga balapan berakhir. Pada saat bersamaan tim EVA RT Webike Trick Star menyerah dan keluar dari trek.

Posisi keempat ditempati oleh Suzuki Endurance Racing Team (SERT) dengan pembalap Vincent Philippe, Etienne Masson dan Alex Cudlin. Juara bertahan ini termasuk tim yang dihambat kejadian terjatuhnya pembalap, tetapi masih bisa membukukan waktu lebih lambat 45 detik terhadap SRC Kawasaki.

Sementara posisi ke-5 ditempati F.C.C. TSR Honda dengan pembalap Gregg Black, Damian Cudlin dan Arturo Tizon. Selanjutnya Tati Team Beaujolais Racing Kawasaki (Julien Enjolras, Dylan Buisson dan Kevin Denis).

Dengan Yamaha menguasai dua podium teratas Le Mans 24 Hour 2017, secara keseluruhan klasemen Endurance World Championship 2016/2017 setelah putaran ke-3 di Le Mans, SERT masih tertinggi dengan poin total 95. Kedua SRC Kawasaki dengan poin 92 dan GMT94 Yamaha ketiga 71 poin. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here