Lulus Check Up, Anggi Setiawan Geber Motor Flat Track di Sirkuit Rossi

0
Lulus Check Up, Anggi Setiawan Geber Motor Flat Track di Sirkuit Rossi
Setelah lulus medical check up, Anggi Setiawan beserta lima pebalap VR46 Riders Academy langsung memasuki menu latihan. Foto: Istimewa.

NaikMotor – Setelah lulus medical-check, Anggi Setiawan langsung memasuki tahap awal pelatihan balap di Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp 3.  Rider asal Palu ini menjalani latihan Fisio-Gym yang berhubungan dengan pemanasan fisik dan pelemasan otot dengan durasi 25 menit.

Fisio-Gym dibimbing langsung instruktur Carlo Casabianca. Selain itu, saat latihan, Anggi beserta 5 pebalap VR46 Riders Academy juga didampingi Luca Marini dan Andre Migno. Mereka adalah murid Valentino Rossi yang konsen di balap Moto2 dan Moto3.

Setelah Fisio-Gym, latihan berlanjut dengan jogging yang mengitari lintasan sepanjang 500 meter sebanyak 5 kali. Kemudian berlanjut lagi Fisio-Gym untuk proses pendinginan suhu tubuh. “Metode latihan ini adalah persiapan sebelum latihan flat-track. Tiap sesi memang sangat penting untuk kesiapan fisik, “ kata Anggi.

Usai makan siang dan istirahat, Anggi dan para peserta Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp3 yang lain turun ke sirkuit melakukan latihan flat-track. Mereka berlatih sliding dan mengerem di lintasan berpasir untuk mempertajam felling balap menggunakan Yamaha YZ250F.

Tidak tanggung-tanggung, pelatihnya adalah Marco Belli. Perlu dipahami, bahwa Marco adalah ahlinya flat-track. Ia jawara nasional flat-track Italia sebanyak 4 kali, juga jawara 3 kali flat-track Inggris dan 2 kali juara flat-track Amerika dan Eropa.

Pada awalnya, semua diajak untuk memahami sirkuit, juga karakter mesin dan kontrol dalam buka-tutup throttle gas. Demikian berlangsung sebanyak 6 lap dan dikawal langsung Marco Belli. Setelah itu dilakukan evaluasi atas feeling berkendara dari masing-masing rider dan kembali mengitari sirkuit dengan berbagai masukan yang diberikan.

“Latihan flat-track ini sangat berguna untuk mengontrol motor terutama ketika terjadi slide. Jadi nanti slide tersebut dapat menguntungkan dalam momen masuk dan keluar tikungan, “ pungkas Anggi yang tahun ini berusia 18 tahun.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY