India Salip China, Indonesia Posisi 3 Penjualan Motor Terbesar di Dunia

0
India Salip China, Indonesia Posisi 3 Penjualan Motor Terbesar di Dunia
India menyalip China sebagai pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. Foto: Pinterest.

NaikMotor – India menyalip China sebagai pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. Sepanjang 2016, India menjual lebih dari 17,7 juta unit sepeda motor, mengalahkan China yang tahun lalu ‘hanya’ menjual 16,8 juta unit. Jika dikalkulasi, rata-rata penjualan motor di India mencapai 48.000 unit per hari.

Dikutip dari Asphalt and Rubber, peningkatan penjualan motor di India mulai dirasakan pada 2010. Dalam rentang tujuh tahun sampai 2017, penjualan roda dua tumbuh 32 persen.  Dengan demikian, kurang lebih 80 persen dari semua kendaraan yang ada di jalan di India terdiri dari dua roda.

Transportasi pada umumnya berkembang di India, namun pertumbuhan tersebut didorong oleh pasar roda dua. Penjualan kendaraan penumpang terutama mobil, kendaraan komersial, dan kendaraan roda tiga tetap statis karena pasarnya tidak berkembang.

Tren peningkatan penjualan motor di India disebut terjadi karena dua faktor. Pertama disebabkan oleh kenaikan jumlah pengendara wanita. Hal ini kemungkinan merupakan hasil sampingan dari gerakan persamaan hak yang digalakkan wanita India beberapa tahun terakhir.

Faktor kedua yakni infrastruktur makin bagus. Makin banyak jalan beraspal di daerah pedesaan dan kota maka lebih banyak potensi pasar. Sehingga pertumbuhan industri yang terus berlanjut merupakan alasan kenaikan drastis penjualan skuter, moped, dan sepeda motor.

Berbeda dengan India, di China penjualan roda dua justru mengalami penurunan. Sepanjang 2016 penjualan motor turun hampir 11 persen dari 2015. Faktor paling berpengaruh diyakini karena warga China kini lebih memilih mobil untuk alat transportasi sehari-hari.

Faktor lainnya adalah polusi. Beberapa wilayah di China membatasi akses sepeda motor ke pusat kota karena polusi di tempat itu sudah parah. Meski kemudian cara lainnya warga membeli motor dan skuter listrik. Tapi tetap, pergeseran ini belum mampu menutup penurunan penjualan motor.

Penurunan tren penjualan motor di China mulai terlihat sejak tahun 2009. tahun itu China menjual lebih 19 juta unit motor hanya untuk keperluan domestik. Perlahan, tiap tahun jumlah itu mengecil sampai pada 2017 ‘hanya’ 17 juta unit.

Bagaimana dengan Indonesia? Beberapa tahun terakhir Indonesia disebut berada dalam posisi ketiga pasar roda dua terbesar di dunia. Pencapaian terbaik diraih pada tahun 2014 dengan wholesales mencapai 7,8 juta unit, kemudian turun jadi 6,4 juta unit pada 2015, dan terakhir 5,9 juta unit pada 2016. (Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here