Rossi Menangi MotoGP Argentina Usai “Pukul KO” Marquez

0
153

Rossi-Win-Argentina

Argentina (naikmotor) – Seperti prediksi yang kami berikan beberapa hari lalu tentang performa Yamaha yang sangat cocok di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, ternyata betul adanya. Valentino Rossi berhasil mewujudkan hal itu menjadi kenyataan. Dimana Ia meraih kemenangan usai ‘memukul jatuh’ Marc Marquez di 3 lap terakhir.

Tanpa bersenggolan dengan Marquez pun, kemenangan Rossi di MotoGP Argentina sudah tidak terelakkan. Mengingat di atas kertas, sirkuit ini memang sangat mengakomodasi performa dan kekuatan motor Yamaha YZR-M1. Hanya saja banyak faktor yang membuat Rossi tak kunjung kompetitif di sesi latihan dan kualifikasi.

Terlihat di sepanjang balapan berlangsung, pembalap kawakan itu mencetak lap tercepat 1 menit 39 detik secara konstan. Konsistensi inilah yang membawanya mampu mereduksi gap dari Marc Marquez yang awalnya unggul hampir 5 detik, terpangkas hanya dalam waktu kurang lebih 10-11 lap. Pemakaian ban extra hard menjadi pilihan tepat bagi Rossi hingga dia makin cepat menjelang lap-lap akhir, sementara Marquez mulai keteteran.

Hingga akhirnya 3 lap terakhir, Rossi pun terlibat senggolan dengan Marquez di tikungan ke-5. Apesnya, Marquez sendiri sepertinya memaksa untuk tak memberikan tempat bagi Rossi. Sehingga ia terjatuh karena ban depannya menyenggol ban belakang motor Rossi. Direksi balap MotoGP sempat melakukan investigasi pada insiden ini, namun dinyatakan sebagai insiden murni dalam balapan.

Finish di posisi kedua adalah Andrea Dovizioso yang juga tampil konsisten. Meski tak mungkin Ia mengejar rekan senegaranya itu, namun performanya di tipe sirkuit beralur cepat seperti ini, patut diacungi jempol. Artinya, ada progres besar yang diberikan Ducati pada respon motor yang lebih baik di tipe tikungan-tikungan cepat.

Jauh di luar ekspektasi, Cal Crutchlow yang sempat tampil kacau di pertengahan balapan, malah tampil konsisten menjelang garis finish. Ia bahkan mempecundangi Andrea Iannone dan meraih podium terakhir di MotoGP Argentina. Sedangkan Jorge Lorenzo yang berharap bisa tampil kompetitif, malah tak mampu melayani performa Andrea Iannone beberapa lap terakhir.

Sementara Aleix Espargaro yang sempat memimpin di awal balapan, harus puas finish di urutan ke-7. Hasil kompetitif juga ditunjukkan oleh Maverick Vinales yang finish di urutan 10 besar. Sedangkan Jack Miller didaulat sebagai pemenang di kategori Open Class. (Spy/NM) Foto: Yamaha MotoGP

Hasil balap MotoGP Argentina:
1. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41:35.644
2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 41:41.329
3. Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) 41:43.942
4. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 41:43.996
5. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41:45.836
6. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 41:55.520
7. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 41:59.977
8. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 42:3.314
9. Scott Redding GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 42:10.041
10. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 42:10.452

 

LEAVE A REPLY

*