Electric Scooter Sharing Komuter Personal Tanpa Emisi

0
131
Electric Scooter Sharing
Coup anak perusahaan Bosch menawarkan Electric Scooter Sharing, penyewaan skuter listrik di Paris dengan armada Gogoro. Foto: Bosch

NaikMotor – Bosch telah memperkenalkan Electric Scooter Sharing komuter personal tanpa emisi di Paris baru-baru ini. Bisnis penyewaan skuter listrik itu menyusul bisnis serupa yang telah tersedia di Berlin sejak Agustus 2016.

Di Paris, Bosch melalui salah satu anak perusahaannya, Coup telah menawarkan 600 unit skuter bermerek Gogoro produk Taiwan di berbagai depot penyewaan yang tersebar di pusat kota Paris. Penyewaan hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang telah terdaftar sebelumnya.

Electric Scooter Sharing service itu memungkinkan seseorang berkendara secara pribadi dalam skema penyewaan berbasis waktu. Selain itu, pengguna bisa melakukan komuter yang ramah lingkungan.

Unit skuter listrik Gogoro yang disewakan oleh Coup dilengkapi dengan baterai yang bisa di-refill, sementara stasiun penukaran baterai ada pada setiap depot itu. Sehingga penggunanya bisa tetap berkendara dengan baterai penuh setiap saat.

Gogoro Smartscooter yang menjadi armada Electric Scooter Sharing itu mampu bergerak dengan kecepatan hingga 45 km/jam. Menurut aturan di Eropa, skuter akan dikategorikan sebagai moped dan boleh dikendarai oleh orang yang berusia minimal 14 tahun. Tetapi pihak Coup telah menaikkan batas usia penggunaanya lebih tinggi.

Calon pengguna sistem skuter sewa itu diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online, barulah menuju depot terdekat yang akan ditunjukkan melalui aplikasi Coup terinstall pada smartphone. Biaya penyewaan sekitar Rp 60 ribu untuk setengah jam awal, setelah itu sewa menjadi Rp 15 ribu setiap 10 menit berikutnya. Sewa harian pun tersedia, untuk 12 jam akan dipungut biaya Rp 300 ribu dari jam 7 pagi hingga 7 malam di luar jam itu sekitar Rp 150 ribu.

Setiap unit Gogoro akan dibekali dengan 2 baterai yang telah dicharge penuh, helm, dan tutup kepala higienis yang ditempatkan di bagasi di bawah jok serta yang terpnting telah dicover asuransi. Konsumen hanya perlu memiliki selular pintar berbasis Android yang berfitur Bluetooth, untuk mengatur semua fungsi pada scooter listrik Gogoro itu karena tidak dilengkapi kunci kontak. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*