Skuter Listrik Viar Q1 Didukung 393 Stasiun Charging PLN

2
Skuter Listrik Viar Q1
Peluncuran skuter listrik Viar Q1 di Jakarta, 6 Juni 2017. Foto: istimewa

NaikMotor – Skuter listrik Viar Q1 resmi meluncur di Jakarta, Selasa (6/6!2017). Produk pabrikan lokal Indonesia, PT Triangle Motorindo (TM) itu sudah didukung 393 stasiun charging PLN.

Saat peluncuran skuter listrik Viar Q1, Presiden Direktur PT TM, Ignatius Kartiman menyatakan, “Viar Q1 produk inovatif hasil kerjasama dengan Bosch dan Universitas Gadjah Mada. Q1 produk tanpa asap karena tidak menggunakan bahan bakar minyak, sebagai dukungan pada program Pemerintah tentang kendaraan ramah lingkungan.”

President and Head of Business Unit e-Scooter, Bosch Automotive Products, Co, Ltd, Joerg Kretzmar menjelaskan, “Sistem kontrol elektronik Q1 didukung teknologi intelligent recuperation yang mampu melindungi baterai agar lebih awet dan aman. Sedangkan motor listrik Bosch sudah memenuhi standar ketahanan IPx4 atau tahan air. Kombinasi kedua perangkat akan membuat skuter listrik Viar Q1 akan lebih tangguh.”

Ketua Innovation Center for Automotive (ICA) Universitas Gadjah Mada, Dr Jayan Sentanuhady menjelaskan, “ICA sudah melakukan proses pengujian struktur, on road test Viar Q1 sehingga ke depannya kita akan mencoba lokalisasi produk komponen struktur rangka dan kelistrikan skuter listrik.”

Sementara Commerce & Customer Service Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya, Leo Basuki menyatakan, “Dukungan penyedian listrik dan infrastruktur pengisian baterai skuter listrik Viar Q1 dengan stasiun charging atau Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Saat ini di Jabodetabek sudah tersedia 393 SPLU yang bisa dimanfastkan untuk charging Viar Q1. Nanti juga cara transaksi SPLU akan dipermudah dengan sistem tap kartu saja. Untuk mengetahui di mana SPLU berada bisa diakses di www.splu-pln.com yang dilengkapi Google Maps.”

Saat ini skuter listrik Viar Q1 bisa dikendarai Viar Q1 di jalan raya karena sudah dilengkapi dengan legalitas berupa Surat Tanda Nomor Kedaraan (STNK) dan Nomor Polisi. Skuter listrik produk lokal itu dipasarkan dengan harga Rp 16,2 Juta, dan pembeli akan mendapatkan cashback Rp 700 ribu ditambah dengan jaket dan helm. (Afid/nm)

Skuter Listrik Sudah Ber-STNK

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here