Aneh, Naik Royal Enfield, Pemotor Ditilang dengan Pasal Tanpa Sabuk Pengaman

0
119
Pemotor Ditilang
Surat tilang yang berisikan dakwaan tidak mengenakan sabuk keselmatan pada pemotor. Foto: Rushlane

NaikMotor – Kejadian pemotor ditilang karena tidak menggunakan sabuk keselamatan bisa menjadi peristiwa hukum yang aneh. Namun, hal ini benar-benar terjadi di India.

Kejadiannya bermula ketika pemotor bernama Satish Naik tengah naik motor Royal Enfield Bullet dan distop oleh polisi pada 7 Juni 2017 di daerah Ponda, Goa. Satish Naik memang tengah naik motor tanpa mengenakan helm.

Namun, surat tilang yang berisikan keterangan pasal pelanggarannya dituliskan tidak menggunakan sabuk keselamatan. Jadi penduduk distrik Ponda, Goa, India itu sepertinya telah menerima dakwaan yang salah atas pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya. Seperti yang diberitakan situs Rushlane.

Sepertinya polisi yang menilang Satish Naik saat naik motor tanpa helm, keliru menuliskan dakwaan kalau ia bermotor tanpa helm bukan sabuk keselamatan. Namun, belum diketahui kelanjutan perkaranya apakah tilang itu batal demi hukum atau Satish tetap wajib membayar denda sebesar Rp 20 ribu.

Kewajiban mengenakan helm saat naik motor di Negara Bagian Goa, India, memang baru diterapkan pada April 2015. Pengecualian kewajiban berhelm baru untuk pengendaranya saja, sementara pembonceng belum diwajibkan.

Di India, memang tengah digalakkan kewajiban berhelm bagi pengendara sepeda motor. Pengendara pun dihimbau agar mau mengenakan helm demi keselamatan mereka sendiri, bukan karena takut ditilang. Otoritas setempat dalam kampanyenya menyebutkan penggunaan helm akan mengurangi fatalitas cedera kepala hingga 70%.

Jadi di Goa bukan hal aneh lagi jika ada pemotor ditilang karena tidak menggunakan sabuk keselamatan, eh helm. Jadi, Satish Naik, lain kali gunakan helm  kalau naik motor agar satisfied.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*