Ban Trail Corsa MT Cross Baru, Berjaya di Lumpur

0
3470

Ban-Trail-Corsa-MT-Cross-Baru

Pandeglang (naikmotor) – Ban Corsa baru yang dikhususkan untuk off-road, MT Cross-X dan MT Cross-R, dirancang sedemikian rupa agar mampu bertraksi di jalur berlumpur sekalipun.

Kuncinya, adalah pada kemampuan ban untuk membuang lumpur pada tapaknya atau self cleaning. Tentunya agar ban tetap mampu bertraksi. “Sebab jika sudah terbungkus lumpur atau membentuk donat lumpur, maka kita akan kehilangan momentum untuk bergerak alias ‘kepater’,” ujar Salomon Manalu, Brand Manager Corsa pada saat gelaran Grasstrack Pandeglang Championship Open 2015.

Ban off-road Corsa MT Cross-X dan R, memiliki sidewall keras yang tahan terhadap gesekan dan kondisi lingkungan. Sedangkan pada bagian carcass, merupakan lapisan lembaran karet yang berada berisi kawat-kawat berorientasi bias, memiliki kompon yang tahan sayatan tetapi lentur.

Lapisan carcass kemudian dibungkus lapisan tread untuk menempatkan kembangan berupa kotak-kotak seperti potongan tahu. Bagian tapak ini mengandung kompon yang ditambah aditif agar ban tahan gesekan dan sayatan, namun dirancang lentur.

Tujuannya agar ban mempunyai contact patch yang bisa melebar dan tentunya traksinya bertambah baik. Berbeda dengan lapisan treadnya, kompon pada potongan tahu justru sangat keras, tentunya bisa mencengkram trek dengan kuat. Potongan tahu pun diatur jaraknya sedemikian rupa agar memiliki self cleaning yang optimal.

Corsa MT Cross-X ditujukan untuk penggunaan harian bagi konsumen di daerah yang menjadikan offroad sebagai keseharian, seperti ke ladang, atau transportasi di jalanan yang belum memadai. Sementara MT Cross-R ditujukan untuk penggemar kompetisi motocross karena kembangannya lebih tersebar melebar hingga mendekati bagian side wall-nya.

MT Cross-X tersedia untuk ring 14, 16, 17, 18, 19 inci ukuran 70/100, 90/100 hingga 100/100. MT Cross-R tersedia untuk ring 19 110/90 dan 21 inci 80/100. (af/nm)

Ban-Trail-Corsa-MT-Cross-Baru_1

 

LEAVE A REPLY

*