Regulasi Dashboord Message MotoGP akan Diberlakukan pada 2018

0
395
Dashboard message
Dashboard display and text message akan diterapkan pada MotoGP 2018 demikian juga pada Moto3, Moto2 pada musim 2019. Foto: dokumentasi

NaikMotor – Dashboard Message MotoGP akan diberlakukan pada 2018. Aturan baru itu termasuk dalam berbagai keputusan Grand Prix Commission (GPC) hasil pertemuan di Assen, 24 Juni 2017 lalu.

Keputusan FIM Grand Prix World Championship itu telah ditetapkan oleh GPC yang terdiri Carmelo Ezpeleta (Dorna, Chairman), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA), Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA, merangkap Sekretaris pertemuan) dan Corrado Cecchinelli (Director of Technology).

Keputusan yang paling menarik tentunya soal Dashboard Displays and Message, sebab pada musim MotoGP 2018, semua motor tim MotoGP dan Moto3 sudah dilengkapi dengan kedua perangkat penerima pesan nirkabel tadi.

Perangkat dasbor itu harus bisa menampilkan pesan teks yang terhubung dengan lampu peringatan saat ini. Sedangkan untuk kelas Moto2 baru diberlakukan pada 2019. GPC pun sudah menentukan berbagai pesan yang akan dikirimkan oleh Race Direction seperti Red Flag bagi semua Pembalap. Bagi beberapa tim yang sebelumnya sudah memiliki fasilitas tersebut tinggal menunggu pengesahan Safety Commission tentunya.

Menjelang seri MotoGP 2017 Qatar, Maret lalu memang Corrado Cecchinelli sempat menegaskan akan mulai menerapkan Dashboard Message di seri pembuka MotoGP itu. Walaupun sejak menjadi isu pada tahun lalu, perdebatan masih berlangsung. Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi termasuk yang menyetujui perangkat penerima pesan teks tersebut, sementara Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez justru sebaliknya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*