Bajaj Akan Produksi Husqvarna 401 Svartpilen dan Vitpilen di India

0
Bajaj Akan Produksi Husqvarna
Bajaj Auto Ltd meakan segera memproduksi Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen 401 di pabrik mereka di Chatu, India. Foto: Husqvarna 401 Vitpilen Concept/Istimewa.

NaikMotor – Bajaj Auto Ltd mengumumkan akan segera memproduksi Husqvarna di pabrik mereka di Chatu, India. Tidak tanggung-tanggung, raksasa Hindustan Bajaj akan produksi Husqvarna 401 Svartpilen dan Vitpilen, model yang saat ini masih berstatus konsep.

Artinya Bajaj akan menjadi pihak yang pertama kali memproduksi motor konsep yang bukan mereknya sendiri. Namun jika melihat latar belakangnya, maka wajar saja Husqvarna ‘mengizinkan’ Bajaj Auto Ltd memproduksi 401 Svartpilen dan Vitpilen .

Husqvarna 401 Svartpilen Concept-

Apalagi, seperti diketahui, pabrik Chatu, India juga merupakan pabrik yang memproduksi beberapa model KTM. Untuk, itu kerjasama dengan Husqvarna bukan hal baru. Merek asal Swedia itu justru dapat benefit karena harga jual di India bisa ditekan.

Saat nanti Bajaj akan produksi Husqvarna 401 Svartpilen dan Vitpilen, pihak Husqvarna berharap dapat meningkatkan pasokan yang nanti berujung pada penjualan. Sebab diketahui, India sekarang adalah pasar sepeda motor terbesar di dunia mengalahkan China.

Bajaj sendiri memilih memproduksi 401 Svartpilen dan Vitpilen  karena dua model itu dianggap sesuai untuk pasar India. Sejak diperkenalkan di beberapa pameran internasional, versi produksi motor konsep ini memang ditunggu oleh publik internasional.

Bagi yang meragukan sepak terjang Bajaj Auto Ltd mengapa bisa punya bisnis penting dengan merek-merek Eropa alasannya adalah karena Bajaj adalah produsen motor terbesar keenam di dunia, terbesar kedua di India, dan produsen motor roda tiga terbesar di dunia.

Bajaj juga merupakan pendatang baru di pasar Malaysia menyusul kemitraan baru-baru ini dengan merek sepeda motor nasional, Modenas. Usaha patungan mereka telah menembus pasar lokal dengan tiga model, Modenas Pulsar RS200, Pulsar NS200 dan V15.

Sejak KTM memiliki Husqvarna, yang mana sebagian sahamnya dimiliki juga oleh Bajaj Auto Ltd, produksi KTM telah mengalami peningkatan yang signifikan di pabrik Chatu. Pabrik yang sama dikatakan mulai memproduksi 401 Svartpilen dan Vitpilen segera.

Pabrik Chatu sendiri sudah mengeluarkan beberapa model KTM kapasitas kecil seperti Duke 125, 390 Duke, RC125 dan RC390. Kemitraan dengan Bajaj juga sangat menguntungkan KTM, karena mereka dapat mengurangi biaya produksi dan juga memperluas line up model di Asia.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here