Kemenhub Akan Mengurangi Pemudik Bersepeda Motor Tahun 2018

0
33
Mengurangi pemudik bersepeda motor
Kakorlantas, Irjen Royke Lumowa mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Teten Masduki dan Menteri PUPR, dalam diskusi upaya Kemenhub mengurangi Pemudik Bersepeda motor pada 2018. Foto: istimewa

NaikMotor – Musim mudik 2018 Kementerian Perhubungan akan mengurangi pemudik bersepeda motor. Hal itu dinyatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pemaparan rencana langkah penanganan musim Mudik 2018, (6/7/2017).

Menhub BUdi Karya menyatakan hal tersebut di hadapan para jurnalis saat memberikan keterangan pers dalam sebuah acara diskusi media Forum Meredeka Barat 9 yang digagas Kominfo bersama Kantor Staf Presiden. Dalam acara diskusi tersebut hadir pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Royke Lumowa dan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki.

Dalam pemaparannya Menhub menyatakan akan melakukan upaya peningkatan kapasitas angkutan umum melalui berbagai cara, untuk mengurangi pemudik bersepeda motor dan dapat beralih ke angkutan umum. Menhub juga memiliki ide untuk menyediakan penyewaan sepeda motor di tempat tujuan yang dapat digunakan pemudik saat turun dari angkutan umum.

Menhub menjabarkan, “Misalnya dari Jakarta ikut mudik gratis atau naik angkutan umum. Sampai daerah tujuan bisa menyewa sepeda motor. Upaya-upaya ini diharapkan pemudik sepeda motor akan pindah menggunakan angkutan umum. Insya Allah kalau angkutan umum semakin baik pasti akan pindah.”

Di sektor udara misalnya, Ia mengatakan akan mengoptimalkan bandara-bandara seperti Semarang dan Solo untuk mengurangi beban kapasitas di Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan Bandara Juanda Surabaya.

Selain itu, Menhub juga menjelaskan bahwa akan mengoptimalkan penggunaan pesawat berbadan lebar (wide body) ke sejumlah bandara tujuan favorit pemudik.

Tidak hanya udara, di sektor laut, lanjut Menhub Budi, juga akan dioptimalkan penggunaan kapal roro, yang pada tahun ini okupansinya sudah cukup baik yaitu sekitar 80 persen. Ia mengatakan juga akan mengkaji kemungkinan untuk melonggarkan aturan terkait kepemilikan kapal untuk meningkatkan kapasitas kapal.

Sedangkan di sektor perkeretaapian, Menhub mengatakan akan mengoptimalkan sistem persinyalan kereta untuk mengurangi headway antar kereta sehingga dapat meningkatkan kapasitas perjalanan kereta.

Sementara di sektor darat, Menhub menegaskan akan mengupayakan untuk melakukan revitalisasi angkutan bus, agar peminatnya kembali meningkat. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*