Proving Ground Honda Asia Pasifik di Thailand Diresmikan, Ini Fasilitasnya

0
Proving Ground Honda Asia Pasifik di Thailand
Honda Asia Pacific kini telah memiliki proving ground lengkap di Thailand. Foto: Honda

NaikMotor – Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. (HRAP) baru saja meresmikan proving ground di Rojana Industrial Park, Prachinburi, Thailand,Kamis (20/7/2017). Proving Ground Honda Asia Pasifik di Thailand itu digunakan untuk menguji berbagai performa sepeda motor dan mobil.

Disebutkan Proving Ground Honda Asia Pasifik di Thailand  itu untuk menguji produk Honda dari Asia Oceania dan sekaligus yang dipasarkan di regional ini. Proving ground dibagi dalam 8 area simulasi dengan luas 80 Ha dengan nilai investasi lebih dari 50 juta US dollar. Dengan diresmikannya fasilitas pengujian di wilayah Prachinburi itu, Thailand menjadi negara ke-3 di dunia yang memiliki Proving Ground Honda setelah Jepang dan Amerika Serikat.

Area tes baru itu penting bagi Honda dan Thailand untuk meningkatkan daya saing produk Honda di Thailand, Asia dan Ocenia di masa depan. Seperti yang dinyatakan Dr. Anurasak Boonruang, Menteri Sains dan Teknologi Thailand,, “Otomotif menjadi 1 di antara 10 target industri dari pemerintah yang gencar mengembangkan ekonomi Thailand. Investasi di Honda R&D Asia Pacific Prachinburi menjadi bagian dari kebijakan pemerintah untuk memperkuat Thailand dengan meningkatkan daya saing untuk industri otomotif .”

Shinji Aoyama, COO Asia and Oceania Operations, Honda Motor Co., Ltd. dan Executive Chairman sekaligus CEO Asian Honda Motor Co., Ltd menyatakan, “Thailand menjadi telah menjadi pusat produksi Honda dan ekspor ke negara-negara Asia Ocenia. Ini akan menjadi basis penting bagi penelitian dan pengembangan dalam memperkuat produk Honda, dengan menguatkan daya saing, dan pengembangan otomotif berdesain yang sesuai harapan konsumen Thailand dan di regional ini.”

Proving Ground Honda Asia Pasifik di Thailand memiliki panjang trek sekitar 8km. Terbagi atas Oval Course, area tes oval itu memiliki panjang 2,18km untuk menguji performa dalam kecepatan tinggi.

Berikutnya Winding Course, trek longitudinal sepanjang 1,38 km untuk pengujian performa secara umum, termasuk uji kemampuan sistem pengereman, dan kontrol di jalanan bergelombang serta jalan dengan blind corner. Ada 17 kurva di trek ini.

Vehicle Dynamic area, trek uji ini terhubung dengan trek oval, digunakan untuk menguji stabilitas kendaraan dalam kecepatan tinggi saat akan berbelok sekaligus menguji performa sistem pengereman.

Wet course, untuk mensimulasikan kondisi jalan yang basah dan licin, di dalamnya terdapat bermacam-macam genangan untuk menguji pool road, splash road, dan wet brake road. Ketinggian airnya bisa ditentukan mulai 0-1000mm untuk mensimulasikan kondisi banjirseklaigus  menguji bagaimana akibatnya terhadap mesin.

Ride Road course, mensimulaikan berbagai kondisi jalan di berbagai negara Asia. Ada ada 8 macam permukaan jalan di sana: termasuk beton, aspal dan jalan melengkung.

Special Surface course, area ini didesain dan dibangun dengan teknologi 3D untuk mensimulasikan jalanan rusak. Digunakan untuk menguji bagian bawah dek kendaraan, di sini pun ada 8 jenis permukaan jalan rusak, termasuk speed breaker, dan jalan beton rusak.

Terakhir Slope course, trek 1,2 km ini untuk menguji di jalan lurus, untuk uji konsumsi bahan bakar, dan rate akselerasi setelah lepas gas. Tak ketinggalan Proving Ground Honda di Thailand memliliki jalur berumput juga, untuk menguji bagaimana kendaraan Honda kelak tidak akan merusak rumput.

Sebelum dilengkapi proving ground di Prachinburi, ternyata Honda sudah memiliki pusat penelitian dan pengembangan sepeda motor di Thailand sejak 1988. Pada 2005 barulah didirikan HRAP agar penelitian dan pengembangan produk lebih terintegrasi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY