New Honda CRF250R 2018 Dirilis, Siap Bikin Geleng-geleng Crosser

0
Honda CRF250R 2018
Dirtbike Honda CRF250R telah ditingkatkan performa mesin dan sasisnya sehingga lebih tangguh. Foto: Honda USA

NaikMotor – Dirtbike Honda CRF250R generasi baru telah diluncurkan akhir Juli 2017. Kini kuda pacu motocross New Honda CRF250R 2018 itu telah ditingkatkan performa mesin dan sasisnya telah diubah mengikuti geometrinya sehingga lebih ramping.

New Honda CRF250R 2018 didesain dengan filosofi setara CRF450R, untuk mengoptimalkan handling dan tenaga besarnya. Mesinnya yang berkapasitas 249cc telah dilengkapi camshaft ganda berdesain baru menggantikan Unicam, dengan rocker arm dilapisi Diamond Like Coating (DLC).

Sementara katup dibuat lebih lebar dan lift lebih tinggi serta sudut lebih rapat. Per katupnya dilengkapi oval cross section sehingga kop mesin lebih rendah. Piston telah dibuat agar over square dan silinder offset, dengan piston bridge box dan air intake menurun untuk meraih tenaga optimal tetapi tetap efisien. Sedangkan knalpot kini telah dibuat ganda meski piston tetap single.

Tetapi kini kickstarter telah dihilangkan dan penggantinya electric starter, untuk itu Honda CRF250R 2018 telah dilengkapi aki Li-iron fosfat yang berkapasitas besar tetapi ukurannya kompak.

Sasis CRF250R mengikuti desain CRF450R yang baru sebagai standar motocross Honda baru, dengan inti rancangan agar titik berat rendah. Sehingga, meskipun berat keseluruhan telah berkurang banyak tetapi sosoknya tetap tinggi dan ramping. Desain yang memungkinkan traksi roda belakang optimal tetapi front end tak mudah terangkat.

Sasis telah menggunakan bahan aliminium yang ringan namun kuat deng karakter flex optimal. Tangkinya sendiri kini berbahan titanium.

Honda CRF250R kini dilengkapi dengan suspensi produk Showa dengan peletakan lebih rendah, didukung jarak sumbu roda lebih pendek, agar lebih lincah tetapi stabil dan memudahkan handling. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here