Usai Rehat, Yuk Simak Data dan Fakta Jelang MotoGP Brno di Ceko

0
96
data dan fakta jelang MotoGP Brno
Cal Crutchlow memenangkan MotoGP Brno 2016. Foto: Dok. Dorna

NaikMotor – Seri ke-10 MotoGP Ceko akan segera bergulir akhir pekan ini Minggu (6/8/2017). Balapan akan berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Yuk, simak data dan fakta jelang MotoGP Brno 2017.

Usai rehat musim panas, para pembalap kelas premier tampaknya sudah tidak sabar kembali on track. Maverick Vinales contohnya, pembalap Movistar Yamaha itu mengaku sudah tidak sabar ingin balapan lagi. Hal itu diungkapkannya lewat postingan di akun Instagram. “Sudah tidak sabar untuk kembali,” tulis Vinales yang langsung banjir komentar.

Senada dengan Vinales, rekan setimnya Valentino Rossi malah seperti tidak betah libur kelewat lama. Sejak pekan lalu tepatnya tanggal 21 Juli 2017, The Doctor sudah kembali latihan di Sirkuit Misano, Italia bersama VR46 Riders Academy.

Sesudah itu Rossi juga sering mengunggah foto dan video yang memperlihatkannya sedang latihan flat track di ranch miliknya. Rossi tampak bekerja keras untuk membalas kekalahannya musim lalu dari Cal Crutchlow yang mampu menjadi jawara.

Beda Rossi beda pula pemegang klasemen pembalap sementara Marc Marquez yang asyik latihan motocross dan supermoto. Bahkan, duo Repsol Honda plus Cruthlow sudah menjajal sasis baru RC213V pada pertengahan Juli lalu.

Uji sasis baru honda motogp

Nah sebelum race dimulai, ada baiknya menyimak data dan fakta jelang MotoGP Brno, usai rehat paruh musim 2017.

MotoGP Ceko menjadi seri tertua kedua sepanjang sejarah balapan Grand Prix. Sirkuit Brno pertama kali jadi tuan rumah balapan GP pada 1965. Ketika itu balapan 500 cc dilangsungkan sepanjang 13 lap pada trek asli yang masih memiliki panjang 13,94 km. Mike Hailwood (MV Agusta) menjadi juara setelah membukukan waktu satu jam 11 menit dan 23,2 detik.

Valentino Rossi dan Max Biaggi, merupakan dua nama pembalap tersukses yang merebut beberapa kemenangan di lintas kelas.

Balapan kelas premier terakhir yang digelar di sirkuit jalanan Brno adalah pada 1977, yang dimenangi Johnny Cecotto dengan Yamaha. Usai berakhirnya kelas utama, Sirkuit Brno masih menggelar balapan-balapan dengan motor berkapasitas lebih kecil.

Sirkuit yang digunakan balapan saat ini sudah dipakai sejak 1987 dan menjadi tuan rumah MotoGP Republik Ceko sampai 1991. Pada 1992 Brno menghilang dari kalender balap, namun dikembalikan lagi pada 1993 dan terus menjadi tuan rumah balapan sampai sekarang.

Tahun 2017 akan jadi balapan Grand Prix ke-30. Dalam kurun tersebut tidak banyak perubahan besar yang terjadi, kecuali saat treknya ditambah panjang dari 5,394 km menjadi 5,403 km.

Sejak kelas MotoGP dibuka pada 2002, Honda dan Yamaha mendapat enam kemenangan, sementara Ducati dua kemenangan. Sepanjang sejarah, cuma ada satu pembalap yang bisa finis di atas podium pada semua kelas. Dia adalah Lukas Pesek saat finis ketiga di kelas 125 cc musim 2007.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*