Lorenzo: Fairing Aerobody Ducati MotoGP Baru 80% Positif

0
AeroBody Ducati MotoGP Baru
Fairing baru motor Ducati MotoGP Lorenzo ditampilkan . Foto: speedweek

NaikMotor – Saat Free Practise 2 (FP2) MotoGP 2017 Brno, Tim Ducati Corse menampilkan fairing atau aero body pada motor Jorge Lorenzo di menit-menit terakhir. Kata Lorenzo: aerobody Ducati MotoGP baru 80% positif.

Aerobody atau winglet tersembunyi yang digunakan Ducati Desmosedici GP17 tunggangan Lorenzo itu seminggu sebelumnya sudah diuji oleh Danillo Petrucci-Pramac Ducati di Misano 2 minggu sebelumnya. Namun bentuknya belum juga terendus.

Desain aerobody Ducati MotoGP baru itu memang berbeda dengan Hammerhead yang diuji sebelum awal musim di Qatar. Kini, bentuknya lebih lebar dan tinggi. Aerobody Ducati MotoGP baru 80% positif seperti yang diklaim Jorge Lorenzo. Meski dari hasil FP2 itu Lorenzo berada di posisi ke-15 tercepat, sedangkan Dovizioso dengan fairing lama lebih cepat 1,305 detik di depan.

Lorenzo menyatakan optimismenya akan bisa meraih hasil lebih baik dengan aerobody baru itu. Karena saat FP2 MotoGP 2017 Brno itu motornya belum mengalami ubahan. “Sabtu, Saya akan lebih cepat lagi dengan settingan terbaik, kami akan perbaiki grip yang lebih baik pada bagian depan, sebab downforce kini lebih baik. Selain itu juga Saya akan memperbaiki riding style, karena Saya kini lebih cepat dengan fairing baru itu, paling tidak 0,1 detik setiap keluar tikungan. Saat itu juga motor tidak terasa berat saat menikung, dan tidak membuat lebih lambat saat di trek lurus.”

Lebih lanjut Lorenzo menyatakan, “Aerobody Ducati MotoGP baru 80% positif 20% negatif, tetapi feeling sesuai harapan. Di Brno dan seri berikutnya di Austria akan menjadi titik balik Saya.”

Ducati Corse General Manager Gigi Dall’Igna sendiri menyatakan gembira dengan hasil FP2 meski mengakui Ducati telah menghabiskan banyak dana untuk pengembangan aerodinamika itu, terutama berbagai pengujian di wind tunnel. Seperti yang disampaikannya kepada Hannah Smith, freelance journalist.

Fairing baru Ducati dicoba di tes MotoGP Qatar. Foto: Istimewa

Penggunaan aerobody memang dimungkinkan berdasarkan regulasi FIM, yang tercantum dalam poin 10. Di sana disebutkan Aero body adalah bagian bodywork motor yang berimplikasi karena aliran udara. Aero body terdiri dua bagian front fairing dan front fender (mudguard). Bukan windscreen, cooling duct, fairing support, atau bagian dalam profil eksternal bodywork. Homologasi harus disetujui Technical Director

Sementara soal fairing yang berbeda antara Dovizioso dan Lorenzo pun dimungkinkan dalam regulasi poin 10b dan c yang menyebutkan Homologasi berlaku per motor per pembalap. Selain itu Update komponen bisa dilakukan setiap waktu selama musim per pembalap, dengan persetujuan Techinical Director. Bahkan,, kedua aero body yang lama dan baru bisa digunakan tetapi tidak saling tukar keseluruhan. Hanya 2 bagian komponen aerobody bisa dipertukarkan, misal front fairing atau front fender.

Bentuk gembung aerobody GP17 itu juga masih dimungkinkan selama bentuknya terintegrasi dengan bodywork bukan ditautkan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here