Prediksi MotoGP Perancis: Kemenangan Jerez, Pertanda Positif bagi Yamaha

0
28

Yamaha-Prediksi-Le-Mans

Perancis (naikmotor) – Jelang pelaksanaan MotoGP di Le Mans, Perancis (17/5) pekan ini, asumsi tentang dominasi Marc Marquez, perlahan mulai memudar.Prediksi MotoGP Perancis: kemenangan Jerez, pertanda positif bagi Yamaha.

Meski sang juara dunia MotoGP 2013-2014 itu terlihat tetap kompetitif di MotoGP Jerez dalam kondisi cedera, namun di MotoGP Perancis nanti, banyak yang yakin bahwa Marquez butuh upaya keras untuk mendulang kemenangan.

Kesulitan yang dialami oleh Honda tahun ini memang sangat kompleks. Dani Pedrosa yang menambah jatah liburannya karena masih belum fit usai operasi arm pump, diperparah dengan kondisi Marquez yang tidak fit, juga karena usai menjalani operasi pada ruas jari kelingkingnya yang retak.

Kondisi sebaliknya justru dialami oleh Movistar Yamaha MotoGP. Tim ini seperti tampil dengan aura kemenangan pada setiap race. Kedua striker utama mereka yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo benar-benar memainkan peran dengan tepat. Terlebih bagi Lorenzo yang baru saja meraih kemenangan pertamanya di Jerez.

Lalu bagaimana peluang mereka untuk meraih kemenangan di Le Mans? Kalau bisa kami katakan bahwa Yamaha tentu punya peluang sangat besar. Dilihat dari sisi teknis sirkuit, memang sedikit menguntungkan Honda. Lantaran jumlah tikungan stop & go lebih banyak ketimbang tikungan panjang.

Namun patut diingat bahwa tikungan panjang di Le Mans Bugatti ini cukup teknis. Salah satu yang paling teknis adalah tikungan pertama yang disambung dengan tikungan S alias chicane. Kondisi ini bisa dibilang sangat menguntungkan Yamaha, dimana Rossi dan Lorenzo sudah membuktikannya di tipe tikungan yang serupa di beberapa sirkuit yang telah menggelar MotoGP tahun ini.

Sekarang tinggal melihat bagaimana performa Marquez di sirkuit tersebut, dan efek bekas operasi yang mungkin masih butuh waktu pemulihan kondisi. Jika Ia tak mengalami masalah pada ruas jari kelingkingnya lagi, Marquez punya kans lagi untuk tampil dominan. Terlebih setelah menggunakan swing arm baru di motornya yang membuatnya semakin yakin. Sementara jika Pedrosa bisa ikut balapan, diprediksi belum bisa tampil total.

Lalu bagaimana dengan peluang Ducati untuk mengganggu Yamaha dan Honda untuk meraih posisi finish di podium atau bahkan kemenangan? tentunya sangat terbuka lebar. Apalagi jika kondisi Le Mans yang selalu bermasalah dengan faktor cuaca itu, kembali memperlihatkan wajah aslinya alias kondisi trek hujan dan licin.

Peluang Ducati untuk meraih hasil terbaik juga terbuka lebar. Tinggal melihat tawaran setup yang sesuai dengan karakter pembalapnya masing-masing. Lantaran karakter sirkuit Le Mans, memungkinkan pembalap mengambil jalur balap yang berbeda sesuai dengan karakter motor dan gaya balap masing-masing. (Spy/NM) Foto: Yamaha Racing

 

LEAVE A REPLY

*