Eks Pereli Dakar Ini Reuni 30 Tahun Geber Yamaha TT600 1987 di AXCR

0
146
Yamaha TT600 1987 di AXCR
Hiroshi Tasaki mengandalkan Yamaha TT600 1987 di AXCR 2017. Foto: Arif

NaikMotor – Selain motor Ural Gear Up sidecar yang menjadi perhatian di Asia Cross Country Rally 2017 Thailand, ada satu lagi yang tampil beda. Hiroshi Tasaki, eks pereli Dakar berusia 62 tahun ini gunakan Yamaha TT600 1987 di AXCR.

Bla pereli lain datang dengan motor baru berspesifikasi enduroa, maka Tasaki hanya mengandalkan motor yang terbilang tua untuk terjun di arena reli. Ya, Yamaha TT600 1987 di AXCR merupakan hal yang tak lazim, karena teknologi mesinnya masih SOHC, berpendingan udara serta masih menggunakan karburator. Tidak itu saja, untuk menghidupkannya pun harus memakai kick start.

Ternyata, Hiroshi Tasaki kembali ke arena reli internasional bersama motornya setelah hampir 30 tahun dirinya ambil bagian di balapan paling ganas, Dakar Rally. “ Saya ikut Dakar Rally tahun 1988 pakai motor ini. Sayang hanya bertahan satu minggu karena motor rusak akibat kehabisan bensin di sebuah gurun di Argentina,” kenangnya ketika ditemui saat persiapan reli AXCR 2017 di Ayutthaya Thailand.

Menurutnya, turun di arena reli AXCR adalah yang pertama baginya untuk mencari kesenangan dan menikmati alam Thailand.”Makanya saya pakai motor ini lagi dengan beberapa modifikasi seperti knalpot, box toolkit dan ban. Kalau mesin standar semua,” jelasnya.

Modifikasi yang dilakukan untuk mendukung penampilannya di arena reli AXCR yakni menukar knalpot standar dengan  produk Supertrapp. Tasaki lantas merancang sendiri tempat menyimpan toolkit di sebelah kiri belakangnya menggunakan bahan aluminium.

Nah, untuk menggaruk trek offroad di Thailand, Tasaki mengandalkan ban IRC For Enduro Battle Rally BR99  yang membalut di kedua lingkar peleknya. “Enak kok pakai ban ini, saya sudah biasa menggunakannya kalau main di Jepang,” sebut Tasaki. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*