Hasil Race FIM Asia SuperMoto 2017 Thailand: Lewis Juara, Farhan ke-7

0
126
Race FIM Asia SuperMoto 2017 Thailand
Pembalap Inggris, Lewis Cormish menjadi juara FIM Asia SuperMoto 2017 Thailand. Foto: istimewa

NaikMotor – Final race  FIM Asia SuperMoto 2017 Thailand telah berlangsung di Thailand Circuit Motorsport Complex, Nakhon Chai Si, Minggu (3/9/2017). Ketatnya persaingan, ternyata hanya menyisakan 17 pembalap dari 13 negara, 2 peserta harus keluar dengan berbagai alasan.

Final race FIM Asia Supermoto 2017 Thailand di hari Minggu yang cerah itu, berlangsung sengit dalam dua sesi yakni Moto1 dan Moto2. Memang sepertinya sejak latihan bebas, balapan hanya mengetengahkan 3 pembalap saja di posisi depan, yakni Lewis Cornish dari Inggris, mantan juara 2015 dari Thailand Trakarn Thangthong dan juara bertahan dari Malaysia Muhd Habibullah.

Kualifikasi FIM Asia Supermoto 2017 Thailand
Lewis Cornish menguasai kualifikasi dan SuperChrono, sehingga pole position di Moto1 FIM Asia Supermoto 2017 Thailand. Foto: istimewa

Tetapi saat race Moto1 terjadi ketimpangan, 3 pembalap terdepan telah meninggalkan rombongan sejak start. Meski kemudian pertarungan seru hanya antara pembalap Thailand dan Malaysia saja. Pasalnya, Lewis telah dibiarkan melenggang sendirian di posisi terdepan dengan gap sekitar 2 detik.

Namun di putaran akhir Moto1, Habibullah sepertinya mulai menyerah dan membiarkan Trakarn mengambil posisi kedua saat finis. Posisi ketiga, dipegang Habibullah. Lewis memimpin Moto 1 total perolehan waktu 22 menit 36,002 detik diikuti Trakarn 22:42,962 Habibullah 23:14,056.

Pembalap Indonesia, Farhan Hendro agak kesulitan menaklukkan pembalap Jepang Takayama dan Rusia Teslenko yang sedikit mengganggunya. Hasilnya di Moto1 Farhan berada di posisi ke-6. Hasil ini sudah memperlihatkan perjuangan Farhan untuk bersaing dengan pembalap yang bukan hanya datang dari Asia namun Eropa.

Selanjutnya, saat Moto2 situasi balapan tak berbeda. Lewis selalu mencuri kesempatan terdepan dan jauh meninggalkan rombongan kali ini. “Sepertinya Trakarn dan Habibullah telah salah memilih ban yang agak slick, sehingga tertinggal jauh,” kata Lewis.

Namun, di Moto2 muncul nama Marcel van Drunen dari Belanda yang ternyata berhasil menyodok ke posisi ketiga dan sempat mengganggu posisi Trakarn. Ditambah pula kesalahan Habibullah mengambil jalur yang membuatnya terkena penalti. Meski posisinya digantikan rekan senegaranya, Khairi hanya berhasil meraih posisi ke-4.

Sementara Farhan di race Moto2 tampak mulai kedodoran dilihat dari performa motornya menurun yang menurun, namun ia hanya turun satu peringkat untuk finis ke-7. Sebuah awal yang lumayan baik bagi Farhan.

FIM Asia SuperMoto Championship seri berikutnya akan berlangsung di Jogjakarta, 7-8 Oktober 2017 mendatang. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*