Unik, Balapan Flat Track di European Bike Week 2017 untuk Jurnalis

0
163
Balapan Flat Track di European Bike Week 2017
Balapan Flat Track di European Bike Week 2017 berhadiah Harley-Davidson XG750 dirt track. Foto: @ H. Roesler for C. Huze

NaikMotor – Sebuah program unik, balapan flat track di European Bike Week 2017 untuk kalangan jurnalis otomotif dunia telah menjadi atraksi baru dalam festival gaya hidup bermotor Eropa itu. Hadiahnya, sebuah Harley-Davidson XG750 yang telah diubah menjadi dirt tracker.

Sebanyak 20 jurnalis otomotif telah ‘dipaksa’ menjadi pembalap flat track di European Bike Week ke-20 yang berlangsung di Faaker See, Austria. Sebab, para jurnalis otomotif itu memang dipilih dari yang belum pernah balapan di trek oval.

Jurnalis pembalap tracker dadakan itu berasal dari Jepang, Afrika Selatan, Scandinavia, Spanyol, Italia, Jerman dan Austria. Sebelum balapan mereka mendapat kursus singkat dari “Professor” Marco Belli dan tim spesialis dirt track dari Italia. Materinya tentang mengenal trek dan cara mengendalikan dirt tracker itu sendiri.

Motor untuk balapan flat track itu sebanyak 10 unit Harley-Davidson XG750 Street Rod disediakan oleh European Authorized Harley Dealers. Motor telah diubah menjadi dirt rod khusus untuk balapan trek oval itu. Model tahun 2017 telah disiapkan oleh IDP Moto Ltd, dari Silverstone, Inggris guna mengubah Street menjadi Dirt Tracker. Seperti rem depan yang dicopot, setang baru lebih lebar, jok Harley dirt track, tangki yang dimodifikasi, filter udara model open air dan knalpot pendek serta shockabsorber diganti produk Öhlins.

Hasilnya, balapan flat track di European Bike Week 2017 untuk wartawan otomotif dunia telah dimenangkan oleh jurnalis Riders Italia, Elia Sammartini, disusul jurnalis Solo Moto Spanyol, Ferran Mas, dan ketiga dari Jepang, Daigaro Suzuki. Kejutannya, Elia berhak atas satu unit Harley-Davidson XG750 Dirt Rods itu, sebab Elia juga menjadi the fastest lap dalam balapan trek oval mini itu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*