Dua Destinasi Wisata di Bali yang Layak Dikunjungi Naik Royal Enfield

Dua Destinasi Wisata di Bali yang Layak Dikunjungi Naik Royal
Suasana hutan pinus menjelang Lakeview Kintamani, Bali. Foto: Istimewa

NaikMotor – Undangan dari PT Distributor Motor Indonesia saat membuka diler di Bali bersamaan dengan finis perjalananan Motorbaik 2017 menjelang akhir Agustus lalu. Hal ini membuat catatan tentang dua destinasi wisata di Bali yang layak dikunjungi naik Royal Enfield.

Touring Motorbaik 2017 saat itu memasuki kawasan Bali di Tamansari Resort Pemuteran Singaraja. Sebagai media partner perjalanan publik figur tersebut membuat kami penasaran seperti apa aktivitasnya. Kebetulan, ada dua artis yang menggunakan Royal Enfield Classic 500 dalam perjalanan tersebut yakni Melki Bajaj dan Denny Chasmala. Akhirnya kami memutuskan rencana riding ke dua destinasi wisata di Bali yang layak dikunjungi naik Royal Enfield,yakni Singaraja serta agenda media ride esok harinya ke Kintamani.

Melihat peta di google maps total perjalanan yang kami tempuh selama 3 jam 44 menit. Hmmm…Start dari kawasan Sunset Road pukul 10.00 WITA kami melalui Jalan Mahendradatta – Cargo Permai – Lukuluk Sempidi – Gusti Patih Jelantik – Jalan Raya Denpasar – hingga mulai menanjak ke Baturiti – Bedugul.

Sambil menikmati alam Bedugul yang indah kami beristirahat di warung, setelah dua jam perjalanan yang mengasyikan. Sisa perjalanan kami dua jam lagi dengan rute jalanan menanjak dan menurun curam serta belokan tajam. Rute yang mengasyikan untuk menguji keandalan Royal Enfield Classic 500 yang kami naiki di tengah dinginnya udara. Untunglah, jaket wind breaker FMC Speed Supply membungkus kami dari terpaan angin.

Turun dari Bedugul, kami dihadapkan jalanan Wanagiri hingga menembus jalanan desa yang mulus meski cukup sempit hingga masuk Jalan Raya Seririt Singaraja yang besar. Pantai Lovina yang mengampar luas menjadi pemandangan kami hingga akhirnya tiba di Tamansari pukul 14.00 WITA. Kami melihat aktivitas para artis tengah serius mendengarkan penjelasan soal Terumbu Karang di kawasan Pemuteran dari Gungwa, salah satu tokoh di sana.

Menjelang malam, kami pulang melewati jalur Gilimanuk- Negare – Denpasar hingga finis di Sunset Road. Sama, perjalanan pulang kami tempuh selama empat jam di kondisi malam serta ramainya lalu lintas menuju Denpasar. Sungguh perjalanan yang melelahkan namun senang bisa menikmati keindahan alam Bali bagian barat dengan lika-liku jalanannya.

Esok harinya, pukul 08.00 kami sudah bersiap di diler Royal Enfield di Jalan Sunset Road No.27 untuk melakukan perjalanan Media Ride bersama rekan-rekan jurnalis dari Jakarta dan Bali. Perjalanan dipimpin oleh Ferry Kana, salah satu penjelajah asal Bandung yang telah melanglangbuana ke berbagai daerah memacu Royal Enfield.

“Kami memberikan kesempatan kepada media, untuk menikmati getaran motor Royal Enfield  digunakan menjelajahi indahnya Pulau Bali. Anda akan merasakan torsinya yang besar serta tentu sebuah  pengalaman ‘pure motorcycling’ sesungguhnya, ” sebut Arun Gopal, Head of International Business Royal Enfield sebelum keberangkatan.

Kami melalui jalur Jalan . Bypass Ngurah Rai – Jl. Prof. Ida Bagus Mantra – Jl. Semarapura-Karangasem – Tukad Unda – Paksebali  Desa Sampelan – Desa Lokasari (perbukitan berkelok di tepi jurang) – Sidemen (Pasar Sindhuwati) – Desa Pakramat Selat (mulai kelihatan Gunung Batur) – Offroad dan sesi foto di jembatan dekat start point Alam Rafting – Desa Temukus dekat Pura Besakih – Jl. Menanga samping Pura Besakih – Pura Gema Bara Telaga Sari hingga finis di restoran  Lakeview Kintamani, perjalanan kami tempuh kurang lebih 2,5 jam.

Rasa lelah langsung sirna dengan suguhan pemandangn elok Lakeview sambil menikmati sajian makan siang dan melihat danau serta perbukitannya. Cocok menjadi tujuan wisata bermotor di Bali.

Jalur yang beragam, mulai diadang kemacetan sampai masuk ke jalana kampung serta jalanan berkelok dan sempit. Pihak Distributor Motor Indonesia sepertinya ingin menguji keandalan motor di berbagai kondisi medan sambil menikmati pesona alam Bali.

Usai istirahat makan siang, rombongan kembali ke Sunset Road antara lain melewati jalan Catur – Ubud – jembatan Tukad Bangkung, kemudian menjelang masuk Denpasar lewat Penarungan – Kerobokan.

Nah, Anda pun bisa melakukan perjalanan menikmati panorama Bali dengan sensasi motor klasik Royal Enfield dengan cara menyewa di diler Royal Enfield Bali. Di antara sekian banyak obyek wisata, Singaraja via Bedgul dan Kintamani adalah dua destinasi wisata di Bali yang layak dikunjungi naik Royal Enfield.  Dua Selamat mencoba! (Arif/nm)