Kelak, Motor 100cc ke Bawah Dilarang Membawa Pembonceng

0
100cc ke Bawah Dilarang Membawa Pembonceng
Ilustrasi: motor India TVS XL100 akan menjadi single seater karena 100cc ke bawah dilarang membawa pembonceng. Foto: TVS

NaikMotor – Karena dianggap berisiko kecelakaan akibat beban berlebihan, di negara ini motor 100cc ke bawah dilarang membawa pembonceng. India akan menerapkan Motor Vehicles Act yang menetapkan sepeda motor di bawah 100cc hanya single seater.

Meski demikian, peraturan yang setara undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan itu akan berlaku untuk unit yang akan dibeli, tidak berlaku bagi motor yang sudah berlalu lalang saat ini. Jika dalam waktu dekat tidak ada keberatan ke Mahkamah Tinggi, maka peraturan itu akan segera diundangkan menggantikan Motor Vehicle Act 1988 di India seperti yang diberitakan rushlane.com.

Tentu saja imbas dari peraturan itu akan membuat pabrikan sepeda motor India segera memperbaiki desain produk mereka. Paling tidak mengganti jok panjang mereka menjadi single seater.

Menteri transportasi India HM Revanna menyatakan sepeda motor di bawah 100cc tidak boleh dilengkapi dengan jok pembonceng. Itu artinya sepeda motor kapasitas demikian hanya untuk pengendara sendirian. Demikian pula akan dilarang untuk melakukan modifikasi jok single seater itu. Memodifikasi jok single akan dikenai pasal overloading dan didenda.

Peraturan yang menentukan motor 100cc ke bawah dilarang membawa pembonceng pastinya akan mengubah pola berkendara komuter di India. Selain itu, diharapkan akan mengurangi angka kecelakaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY