Beda Honda PCX Electric dan Hybrid untuk Pasar Asia di TMS 2017

0
New PCX
Honda PCX Hybrid, motor/skuyer pertama berpenggerak hybrid. Foto: Honda

NaikMotor – Honda PCX Electric dan Hybrid dihadirkan di Tokyo Motor Show 2017, keduanya akan ditawarkan terlebih dahulu di pasar Asia pada 2018.

Baik Honda PCX Electric dan Hybrid memiliki penampilan yang mirip satu sama lain. Perbedaan secara visual terletak pada bagian belakang selain sistem geraknya, PCX Electric tentunya tidak dilengkapi knalpot.

Honda PCX Electric dan Hybrid
Honda PCX Electric. Foto: Honda

PCX Electric akan digerakkan sebuah motor listrik bertenaga besar yang dikembangkan sendiri oleh Honda. Sumber listriknya dari baterai yang bisa dilepas-pasang, atau Honda Mobile Power Pack. Pengisiannya pun mudah selain di charging station bisa juga melalui jala-jala listrik rumahan.

Sedangkan PCX Hybrid, menjadi sistem hybrid pertama yang diterapkan pada sepeda motor. Pihak Honda menyatakannya sebagai sistem kompak yang mengandalkan starter ACG dan baterai berkapasitas besar.

Berbeda dengan starter ACG pada Honda eSP. ACG pada PCX Hybrid berdaya lebih besar dan berperan sebagai tambahan torsi untuk pergerakan selain untuk penyalaan mesin. Sistem mirip dengan Integrated Motor Assist pada mobil Civic Hybrid. Torsi ACG akan dipadu dengan daya mesin saat ECU mengukur kebutuhan daya yang sangat besar seperti saat berkecepatan tinggi atau saat menanjak.

Meski belum banyak informasi spesifikasi lengkapnya, kabar baiknya Honda PCX Electric dan Hybrid akan dipasarkan terlebih dahulu di Asia pada 2018. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY