Tes Ban Michelin MotoGP di Mugello, 3 Pembalap jadi Korban

0
Tes-Michelin
Performa ban depan kurang maksimal salah satu yang membuat Valentino Rossi terjatuh pada saat tes ban Michelin di Sirkuit Mugello

Mugello (naikmotor) – Michelin akan mengambil-alih posisi pemasok utama ban balap di MotoGP mulai tahun 2016. Untuk itu mereka mulai melakukan pengetesan bersama tim-tim utama tiap manufaktur. Uniknya, apa yang terjadi di sesi tes resmi pra musim MotoGP 2015 lalu di Sepang, Malaysia, tidak jauh berbeda dengan kondisi pengetesan di Mugello, Italia pada Senin (1/6) lalu.

Di sesi tes resmi pra musim lalu, Jorge Lorenzo adalah satu dari 4 pembalap yang mengalami insiden terjatuh karena ban depan dirasakan tidak memiliki grip bagus. Di sesi tes resmi MotoGP di Mugello, tiga pembalap utama MotoGP malah jadi korban, yaitu Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Beruntung insiden ketiganya tidak meninggalkan cedera pada tubuh sang pembalap. Tapi jelas ini adalah masalah besar yang harus dipecahkan oleh Michelin dan juga tim balap di MotoGP. Lantaran karakter ban tentunya harus kawin dengan setup motor secara keseluruhan.

“Kami sudah berada di Mugello sejak dua pekan lalu dengan membawa test rider. Tapi setelah dilakukan pengetesan pembalap top di MotoGP, kami merasa banyak hal yang masih perlu disesuaikan. Kami butuh masukan dari mereka karena itulah kunci untuk memasok ban yang bisa melahirkan kompetisi terbaik,” beer Nicolas Goubert, Technical Director Michelin.

Goubert menegaskan bahwa hingga sekarang mereka masih melakukan pengetesan ragam struktur ban. Khususnya pada bagian depan yang banyak dikeluhkan. Namun untuk bagian belakang, rasanya semua pembalap merasa senang. (Spy/NM) Foto: Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here