Wow.. Tahun 2019 ARRC Buka Kelas Superbike 1.000cc

0
pecahkan rekor supersport ARRC sentul

NaikMotor – Asia Road Racing Championship (ARRC) mengumumkan akan menambah kelas baru yakni Superbike 1000cc. Kelas ini akan mulai dipertandingkan pada musim 2019. Spesifikasi teknis untuk kelas baru akan mengikuti peraturan SuperStock FIM.

Ron Hogg, Direktur Two Wheels Motor Racing selaku penyelenggara ARCC mengatakan penggodokan Superbike sudah dilakukan sejak 2015 . Namun saat itu masih berupa wacana yang disampaikan kepada pemangku kepentingan dan para tim balap.

“Sejak pertama kali kami mengumumkan niat membuka kelas Superbike pada 2015, kami telah mengadakan banyak pertemuan dengan semua pemangku kepentingan di industri balap motor Asia,” buka Ron Hogg.

“Kami percaya bahwa saat ini saat yang tepat untuk membuat kelas Superbike Asia dari sebuah konsep menjadi kenyataan. Dalam beberapa tahun terakhir, kelas SuperBike telah menjadi kelas perdana terkemuka di berbagai kejuaraan nasional di seantero kawasan Asia,” katanya.

Superbike 1.000cc
Saat ini ARRC terdiri dari tiga kelas open dan satu kelas pengembangan OMR.

“Keputusan tersebut akan membuka kejuaraan untuk partisipasi dari lebih banyak produsen yang saat ini tidak berlomba di kelas SuperSports 600cc. Ini juga akan memungkinkan pembalap Asia untuk lebih mengembangkan kemampuan berkendara mereka di kelas utama,”

“Pada akhirnya, kami berharap bahwa kelas baru ini akan menarik para pembalap dari seluruh dunia untuk berlomba di kawasan ini, sehingga menciptakan budaya olahraga motor yang semarak dan berkembang di Asia,” jelasnya.

ARRC merupakan kejuaraan balap sepeda motor regional untuk Asia yang diselenggarakan sejak 1996. ARRC merupakan bagian dari kategori balap motor produksi seperti Supersport World Championship, British Supersport Championship dan AMA Supersport Championship.

Saat ini ARRC terdiri dari tiga kelas open dan satu kelas pengembangan OMR. Kategori open di antaranya adalah SuperSports 600cc, Asia Production 250cc dan Underbone 150cc. Kelas pengembangan, Suzuki Asian Challenge, berpacu dengan motor buatan tunggal.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY