Honda RC213V-S Diluncurkan Marquez dan Pedrosa di Catalunya

0
99
Honda-RC213V-S-Launching-Catalunya
Marc Marquez, Shuhei Nakamoto dan Dani Pedrosa di acara peluncuran Honda RC213V-S di Catalunya, hari ini (11/6)

Barcelona (naikmotor) – Honda RC213V, tunggangan para pembalap MotoGP kini bisa dirasakan performanya di jalan raya melalui RC213V-S yang diluncurkan petang ini di Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Sejak menyatakan berpartisipasi di Isle of Man TT tahun 1954, Honda telah memposisikan ajang balapan sebagai laboratorium berjalan untuk mengembangkan teknologi balap menjadi model produksi

Puncaknya adalah ketika motor yang mengantarkan Honda menjadi juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 melalui RC213V yang dibesut Marq Marquez dibuat ke dalam produksi massal. Atas platform, from circuit to public road, Honda meluncurkan secara resmi RC213V-S, motor jelmaan MotoGP versi jalanan.

RC213V-S bukan sekadar hasil dari teknologi Honda dari ajang kompetisi, namun selain itu adalah langkah baru yang memungkinkan hasil pengembangan motor untuk bertarung di MotoGP namun dapat digunakan di jalan raya.

Dalam pandangan Honda, bukan sekadar hanya cepat di balapan, namun kemudahan mengendalikannya adalah hal yang paling utama. Honda berprinsip, motor terkencang di dunia adalah motor yang mudah bermanuver juga di jalanan.

RC213V-S mewarisi kejayaan yang berada di sosok RC213V seperti perangkat elektronik teknologi kontrol namun turut diubah pada beberapa bagian tertentu sesuai dengan kebutuhan untuk konsumsi jalanan.

“Memacu RC213V-S memiliki feeling yang sama halnya dengan mengeber RC213V di MotoGP, saya pun bisa enjoy sampai gaya elbow down,” ujar Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang turut hadir dalam peluncuran resmi RC213V-S di Catalunya, Spanyol petang ini yang disiarkan secara live streaming. Acara ini juga dipandu komentator MotoGP, Nick Harris.

RC213V-S akan dijual di berbagai negara dengan spesifikasi yang berbeda yakni Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Jepang. Harga termasuk pajak yang direkomendasikan adalah € 188.000 di Eropa , ¥ 21.900.000 di Jepang, $ 244,000 di Australia, dan US $ 184.000 di Amerika Serikat.

Selain untuk versi jalanan, RC213VS juga memiliki kit khusus yang bisa mendekati performa RC213V dan hanya eksklusif digunakan di sirkuit. RC213V-S memiliki 5 mode pengendaraan menyesuaikan dengan keinginan ridernya.

Perubahan utama dan penambahan pada RC213V-S dibandingkan dengan RC213V adalah bertujuan untuk aspek maintenance seperti struktur camshaft katup pneumatic menjadi sistem coil spring, termasuk transmisi seamless menjadi konvensional. Ini yang persis digunakan motor balap Honda di kategori Open Class, RCV1000R.

Sementara tambahan lain di RC213V-S yang disesuaikan untuk konsumsi jalan raya ada penambahan :

– Lampu depan
– Lampu belakang
– Lampu Plat nomor
– Lampu sein
– Spion
– Speedometer
– Knalpot dengan katalis
– Dudukan plat nomor
– Klakson
– Honda Smart Key
– Side Stand
Perubahan lainnya dari RC213V yang mendukung pengendaraan nyaman adalah sudut kemudi turut diubah dari 15 derajat menjadi 26 derajat, ban menggunakan RS10 Bridgestone, rem cakram depan stainless steel produksi Yutaka Giken dan brake pad produksi Brembo. (Arif/nm) Foto: captured Honda

 

 

LEAVE A REPLY

*