Regulasi Baru MotoGP 2018, Ada Trophy Baru Khusus untuk Tim Satelit

0
Regulasi Baru MotoGP 2018
Komisi MotoGP telah menetapkan Regulasi Baru MotoGP 2018. Foto: speedermag

NaikMotor – Komisi MotoGP pada pertemuan di Mies, Swiss, 29 November 2017 telah memutuskan regulasi baru MotoGP 2018. Keputusan peraturan baru itu telah disepakati oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, Paul Duparc (FIM), Hervé Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA).

Regulasi baru MotoGP 2018 itu diantaranya soal pesan virtual di dasbor motor balap. Meski pada seri penutup MotoGP 2017 di Valencia sempat timbul kehebohan ketika Jorge Lorenzo mengabaikan perintah tim melalui dasbor agar memberikan kesempatan menyalip kepada rekan setimnya di Ducati, Dovizioso.

Tetapi terlepas dari peristiwa itu komisi MotoGP tetap menerapkan pesan dasbor itu di MotoGP 2018, dengan catatan pesan ditampilkan juga pada Race Direction, Dorna dan TV.

Pada MotoGP 2018 tim satelit akan diberikan penghargaan khusus untuk tim satelit terbaik, demikian juga dengan pembalap tim satelitnya. Trophynya masing-masing disebut sebagai “MotoGP Class Independent Team Trophy” dan “MotoGP Class Independent Team Rider Trophy”.

Soal wildcard, beberapa tim mendapat 3 wildcard, kecuali KTM dan tim konsesi lain seperti Suzuki, Aprilia mendapat 6 wildcard. Di KTM, khusus Mika Kallio mendapat 5 wildcard untuk di Jerez, Barcelona, ​​di Sachsenring, di Spielberg dan Aragón.

Untuk Moto3 dan Moto2 ada juara konstruktor, gabungan poin semua pembalap tim termasuk pembalap pengganti.

Terakhir, ajang MotoGP di Malaysia terpilih Best Grand Prix pada 2017. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here