Siswa Binaan DAM Juara 1 Kontes Mekanik Nasional

0
DAM_juara-mekanik-kontes-SMK_1
Muhammad Rizal Bahktiar, siswa kelas dua SMK Cendekia – Tasikmalaya menjuarai Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM)

Bandung (naikmotor) – Pembinaan terhadap Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda oleh PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor utama sepeda motor Honda di Jawa Barat kembali mencetak prestasi.

Muhammad Rizal Bahktiar, siswa kelas dua SMK Cendekia – Tasikmalaya yang merupakan salah satu SMK Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM) binaan DAM menjuarai Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) pada 4-5 Juni di Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta.

Rizal sukses menyisihkan 14,220 peserta lainnya dari 316 SMK binaan Honda di seluruh Indonesia. Menurut Rizal, dia banyak belajar dari beberapa panduan sebelumnya dalam mengikuti kontes mekanik.” Saya suka pergi ke bengkel dan belajar banyak soal teknik sepeda motor. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa bagi saya termasuk sekolah SMK Cendekia sebagai tempat menuntut ilmu,” sebut Rizal yang mengaku punya spesialisasi di bidang kelistrikan.

Ferdy Sukmawidjaja, General Manager Technical Service DAM mengatakan bahwa tahun ini banyak prestasi yang diraih para pelajar di SMK binaannya. “ Tahun ini DAM mencatat prestasi luar biasa karena tidak hanya meraih juara 1 saja, melainkan meraih juara 4 melalui Akmaludin Nur Permadi (SMK Karya Nasional – Kuningan) dan peringkat 7 melalui Heri Hermanto (SMK Karya Nasional – Majalengka ) di Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional tahun 2015.”

Ferdy menambahkan, “Untuk meraih target juara 1, tim Technical Development DAM senantiasa membekali siswa dengan program yang terarah, dan tidak hanya terpaku pada materi mengenai teknik saja, namun juga diiringi dengan materi psikologi sehingga peserta mampu tampil lepas dan percaya diri.”

Para peserta kontes mekanik SMK ini harus mampu menjawab materi uji kompetensi yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini Honda. Tes kompetensi ini dilakukan melalui test teori, praktik meja sampai dengan trouble shooting yang materinya antara lain tentang engine, frame, electrical, PGM-FI dan pengetahuan umum sesuai dengan kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah.

Prestasi yang ditorehkan pada tahun ini mengulang prestasi serupa yang pernah ditorehkan pada tahun 2012 yang lalu menjadi Juara 1 Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional.(Arif/nm)

DAM_juara-mekanik-kontes-SMK

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here