Catatan Penting Tes MotoGP 2018 Buriram, Aero-Fairing Menjadi Andalan

0
Catatan Penting Tes MotoGP 2018 Buriram
Tes MotoGP 2018 Buriram ketika untuk pertama kakinya pembalap MotoGP merasakan trek Buriram. Foto: Dorna MotoGP

NaikMotor – Penyelenggara MotoGP usai tes MotoGP hari pertama merilis berbagai catatan penting Tes MotoGP 2018 Buriram di Thailand. Sebab, tes pramusim kedua tetapi pertama kalinya bagi para pembalap dan tim mencicipi trek Chang International Circuit itu.

Catatan penting Tes MotoGP 2018 Buriram pertama adalah tes pramusim itu berlangsung di negara baru, dengan tantangan baru, tetapi dengan para pembalap yang sudah ada. Debut trek baru itu akan berlangsung dalam 3 hari tes, pertama bagi semua sebelum seri MotoGP 2018 Buriram yang akan berlangsung minggu pertama Oktober 2018.

Tentunya dalam catatan penting Tes MotoGP 2018 Buriram adalah dimana letak sirkuit itu? Buriram berlokasi sekitar 5 jam berkendara dari Bangkok, ke Timur Laut Thailand. Sirkuitnya memiliki panjang trek 4,6 km dengan 5 tikungan kanan dan 7 kiri. Sirkuit yang dibangun pada 2014 sebelumnya telah digunakan WorldSuperbike.

Tim Ducati tengah berharap pengujian di Buriram akan lebih baik dari hasil tes Sepang, seperti yang diutarakan tim manajer Davide Tardozzi. Dengan motor GP18, baik Jorge Lorenzo yang memecah rekor putaran tercepat di Sepang dan Andrea Dovizioso juara kedua musim 2017, pabrikan dari Borgo Panigale itu akan menampilkan inovasi lainnya di Buriram. Ducati adalah pionir penerapan winglet.

Foto: Honda

Tim Honda tengah menguji aero-fairing lebih lanjut, tetapi yang yang terpenting pengujian mesin. Bersama juara bertahan Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) serta Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) yang tercepat di hari pertama tes.

Tim Yamaha, di tengah panasnya Buriram dan rendahnya grip aspal berharap menjadi keuntungan bagi mereka. Setelah hasil positif dua hari pertama tes Sepang baik Maverick Vinales dan Valentino Rossi, di hari ketiga sedikit sulit. Tetapi dengan motor baru dan aero-fairing serta hasil positif di Sepang, mungkin saja Yamaha tengah menguji ide lainnya.

Sementara tim Suzuki Ecstar tengah sibuk pula dengan aero-watch. Apalagi Alex Rins berhasil menyodok sebagai yang tercepat kedua di hari pertama tes Buriram. Sedangkan rekan se timnya pun, Andrea Iannone mulai bangkit. Sehingga tim pabrikan Hammamatsu itu siap untuk memburu tempat teratas.

Red Bull KTM Factory Racing tak mau kalah dengan inovasi aero-nya, dan telah mengantarkan mereka di posisi yang mengancam tim terbaik. Meski tak diperkuat Pol Espargaro yang cedera, tetapi mantan pembalap Moto2 itu telah lebih cepat 1 detik dibandingkan musim 2017, rekan setimnya Bradley Smith telah 0,8 detik lebih baik. Di Buriram mereka memang sepertinya menyembunyikan progres paling impresifnya.

Berikutnya, dalam catatan penting Tes MotoGP 2018 Buriram, para tim satelit, terutama Monster Yamaha Tech3 dengan pembalap Johann Zarco yang tengah membidik tempat teratas. Rekan setimnya kini, rider Malaysia Hafizh Syahrin juga memiliki motivasi tinggi sebagai pembalap MotoGP pertama dari negaranya.

Para rookie, juara Moto2 Franco Morbidelli dan Tom Lüthi dari EG 0,0 Marc VDS, Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemistu) dan Xavier Simeon (Reale Avinta Racing) telah menempatkan Nakagami sebagai benchmark.

Perubahan pembalap untuk musim 2018 lainnya, adalah Jack Miller yang kini memperkuat Alma Pramac Racing, Tito Rabat (Reale Avintia Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini).

Tes MotoGP 2018 Buriram akan berlangsung 16-18 Februari 2018, dari pukul 9:30 hingga 17:30 waktu Bangkok (sama dengan WIB). Di hari Sabtu dan Minggu akan ada 15 menit awal tiap sesi untuk latihan bebas. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here