Helm Intelligent Cranium iC-R, Helm Idaman Masa Depan

0
IC-R-Motorcycle-helmet
Helm Intelligent Cranium iC-R akan menjadi helm pintar masa depan dengan berbagai fitur antara lain menampilkan kecepatan dan telemetri berkendara dan pendeteksi potensi tabrak belakang. Foto: istimewa

Amerika (naikmotor) – Pada 2017 mendatang akan dihadirkan helm pintar berteknologi tinggi yang memiliki fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengendaraan sepeda motor khususnya berkenaan dengan  safety.

Pasalnya helm yang dinamakan Intelligent Cranium iC-R akan dilengkapi dengan visor atau kaca depan dengan Head Up Display LED full color, selain menampilkan kecepatan atau telemetri bekendara, bisa diubah untuk menampilkan navigasi GPS.

Bahkan, helm ini bisa menampilkan pandangan arah belakang 210 derajat sebab helm dilengkapi kamera ganda yang mengarah ke belakang. Pemandangan bagian belakang yang ditangkap kamera ganda akan ditampilkan HUD membuat visibiitas semakin melebar nyaris 360 derajat.

Helm dilengkapi dengan built-in Bluetooth communications, phone connectivity, dan voice controls. Tetapi yang paling advanced, terdapat LiDAR, yakni radar yang mampu mendeteksi potensi tabrak belakang, sekaligus memberikan peringatan kepada pengendara. Fitur lainnya, visor dalam sekejap menggelap ketika lingkungan menyilaukan dengan menekan sebuah tombol.

Untuk mengakomodir fitur lengkap yang boros listrik tersebut, helm dilengkapi dengan panel surya dan baterai yang tahan hingga 8 jam kerja jika diisi penuh. Diperkirakan, helm ini akan dibanderol menyentuh angka Rp 18 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here