Tips Cara Mengetahui Keaslian BPKB Dibeberkan Korlantas Polri

0
Cara Mengetahui Keaslian BPKB
BPKB, bisa diketahui keasliannya melalui 5 cara seperti yang dibeberkan Korlantas Polri. Foto: NTMC Polri

NaikMotor – Pemalsuan BPKB sering terjadi seiring tindak kejahatan pencurian, dan penggelapan kendaraan bermotor (KB). Untuk itu Korlantas Polri membeberkan cara mengetahui keaslian BPKB.

Kasubdit Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol. Priyanto menyatakan untuk mengetahui keabsahan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor itu, ada 5 langkah seperti yang diinformasikan dalam situs NTMC Polri, (22/3/2018).

Pertama, bahan cover yang digunakan BPKB asli lebih mengkilap dibandingkan yang palsu (agak buram).

Kedua, hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi kuning saat diterawang bila itu BPKB palsu. Sedangkan BPKB asli, warnanya abu-abu dan tidak akan berubah jika diterawang.

Ketiga, nomor seri di bawah hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili. Namun, untuk detailnya hanya ada di Korlantas dan tidak bisa dipublikasikan.

Selanjutnya, pada ciri keempat ada pada bagian identitas pemilik kendaraan. Di BPKB palsu hanya sekadar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah. “Di bagian identitas kendaraan banyak yang dihapus kemudian di print ulang. Ini jelas kelihatan,” jelas Kombes Pol. Priyanto.

Untuk yang terakhir, ada pada halaman-14. Jika BPKB asli terlihat lambang Korlantas bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas akan terasa kasar karena logo Korlantas timbul.

“Kalau asli di ultraviolet akan timbul angka dan huruf bermacam-macam. Itu BPKB asli. Sedang yang palsu logonya rata,” pungkasnya saat membeberkan cara mengetahui keaslian BPKB. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here