Motor Listrik Bikinan Filipina Ini Pakai Bodi Dari Bambu!

0
Motor listrik
Green Falcon bukan sekedar motor listrik biasa. Bodi motor ini terbuat dari bambu. Foto: Rideapart

NaikMotor – Emisi nol persen belum sepenuhnya ‘hijau’ buat beberapa pihak. Semangat itu yang dibawa Banatti anak perusahaan Meep Inc (Modular Energy Efficient Portage) dengan memperkenalkan konsep motor listrik bernama Green Falcon.

Green Falcon bukan sekedar motor listrik, jika umumnya bodi motor terbuat dari fiber atau metal, maka bodi motor ini terbuat dari bambu. Selain lebih ringan bambu dipilih karena sangat kuat, dalam hitungan kilo per kilo kekuatannya setara baja.

Motor Listrik

Christopher Paris Lacson, Direktur Desain dan CEO di Meep Inc mengatakan, ide memakai bambu merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah Filipina yang mencanangkan menanam 10 juta bambu pada tahun 2020.

Bodi yang menyerupai cangkang yang didalamnya termasuk rumah speedometer, kursi dan fender belakang tersebut hanya memiliki bobot 7 kg. Christopher mengklaim berat tersebut jauh di bawah bobot standar jika menggunakan fiberglass.

Motor Listrik

Untuk membuat bodi atau cangkang tersebut butuh dua lapis bambu dan disatukan dengan epoxy. Bodinya juga tidak dicetak namun dibuat langsung dengan menempelkannya di rangka bambu yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain bodi dari bambu, Green Falcon dibekali motor listrik yang sanggup membawa motor digeber sampai kecepatan 75 mph. Namun karena motor ini dirancang untuk digunakan di kota tenaganya disunat dan hanya mampu dikebut sampai 65 mph.(Agl/nm)

Motor Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here