PES1 dan PED1, Motor Listrik Yamaha Meluncur Tahun Depan

0
Motor-Listrik-Yamaha-PED1
PED1, konsep motor listrik dirtbike dari Yamaha yang dipertontonkan di Tokyo Motor Show 2013 akan bersiap menyapa pasar tahun 2016

Jepang (naikmotor) – Sepertinya tahun depan merupakan tahun kebangkitan sepeda motor listrik, pasalnya pabrikan-pabrikan tengah mengumumkan konsep-konsep motor listriknya.

Pabrikan Jepang hingga Eropa seperti Piaggio dan KTM. Bahkan Volkswagen yang notabene pabrikan mobil, tak terkecuali Yamaha pun berencana akan menampilkan sepeda motor listriknya tahun depan.

Yamaha bahkan berencana menampilkan model street bike dan off-road sekaligus. Keduanya berbasis pada konsep sepeda motor yang pernah ditampilkan saat Tokyo Motor Show 2013 lalu. Yamaha menyebutkan model-modelnya sebagai PES1 untuk model street bike, dan PED1 untuk model off-road atau dirt bike.

Keduanya mempunyai platform sama, dan berkonstruksi modular sehingga bisa bertukar komponen seperti motor penggerak, dan baterai bahkan termasuk sasis.

Bahkan kompartemen baterai merupakan komponen yang paling mudah diadaptasi, sebab Yamaha merancang agar baterai akan mudah dipasang dan diganti.

Seperti diketahui kelemahan kendaraan listrik adalah lama charging hingga penuh. Tak seperti kendaraan berbahan bakar fosil, pengisian BBM hingga penuh tak sampai 15 menit lamanya.

Desain kompartemen baterai demikian memudahkan drop-off drop-in, sehingga konsumen bisa menukarkan baterai kosong dengan yang penuh di diler-diler Yamaha. Proses yang lebih cepat dibandingkan pengisian di SPBU swalayan sekalipun.

Sepertinya Yamaha tengah berkutat agar motor listriknya segera diproduksi. Pasalnya, Honda Might telah ditampilkan sebagai konsep sejak dua tahun lalu, dan telah memiliki tiga varian sehingga produksinya semakin santer saja. (Afid/nm)

Motor-Listrik-Yamaha-PES1Motor-Listrik-Yamaha-PES1

 

LEAVE A REPLY