Cruiser Listrik 2WD Buatan Mahasiswa Ini Detailnya Sempurna dengan Fungsi Serba Ganda

0
Cruiser Listrik 2WD Buatan Mahasiswa
Ethec cruiser listrik 2WD buatan Mahasiswa Swiss. Foto: ethec

NaikMotor – Gabungan mahasiswa ETH Zurich and the Zurich University of the Arts berhasil membangun cruiser futuristik. Bahkan, cruiser listrik 2WD buatan mahasiswa ini mampu menempuh 400 km.

Uniknya, cruiser itu memiliki 2 motor hub penggerak untuk roda depan dan belakang. Sistem gerak semua roda biasanya diterapkan untuk dirtbike, tetapi pada cruiser Ethec itu ada dua fungsi. Pertama untuk penggerak tambahan dan kedua regenerative braking pengisian baterai saat deselerasi. Kedua motor hub mampu menghasilkan total 50 kW atau setara 67 daya kuda.

Penerapan motor hub di kedua roda pun rupanya telah diperhitungkan matang juga oleh ke 13 mahasiswa teknik dan 1 mahasiswa seni itu agar sprung weight berkurang. Berat mekanikal langsung ditopang oleh roda bukan sasis dan suspensi.

Detail desain lainnya tak kalah dengan rancangan industrial, seperti panel sisi bodi dan fender belakang bersirip. Selain untuk keindahan seni juga merangkap sistem pendinginan sistem baterai dan kontrol tenaganya.

Panel itu berisi baterai 15 kWh, baterai besar berisi 1.260 sel Li-ion yang cukup untuk menggerakkan cruiser Ethec sejauh 400km saat penuh. Pengisiannya pun kilat, dengan fast charger rancangan Ethec pengisisan hingga penuh hanya butuh 1 jam, dan ditambah sistem rem regeneratif tadi.

Jika diperhatikan, sosok cruiser listrik 2WD buatan mahasiswa ini mirip dengan produk Confederate atau Curtiss. Berotot dan dilengkapi suspensi girder. Tangki palsu dan jok didesain mengalir. Sementara panel meter TFT dan lampu utama LED itu dirancang floating.

Karya mahasiswa yang perlu diperhitungkan, bukan? (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here