Siap Jegal Yamaha, Ini Deretan Tim Utama Honda di Suzuka 8 Hours 2018

0
Honda di Suzuka 8 HOurs 2018
Takumi Takahashi akan menjadi pembalap utama tim pabrikan HRC di Suzuka 8 Hours 2018. Foto: HRC

NaikMotor – Ajang balap ketahanan The 41st Coca Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race 2018 akan dihelat di Sirkuit Suzuka, 29 Juli mendatang. Untuk menjegal dominasi Yamaha, deretan pembalap terbaik  tim Honda di Suzuka 8 Hours 2018 dipersiapkan mulai rider JSB, ARRC,EWC, WSBK hingga MotoGP.

Balap ketahanan bergengsi di sirkuit sepanjang 5.821 Km itu dalam beberapa tahun terakhir selalu menjadi milik tim Yamaha. Nah, tahun ini Honda di Suzuka 8 Hours 2018 tak mau kehilangan muka dengan menerjunkan beberapa tim dengan pembalap dari berbagai kejuaraan, mulai MFJ All Japan Road Race Championship (JRR), Asia Road Racing Championshp, World Superbike, Endurance World Endurance hingga MotoGP.

Selain Musash RT HARC- Pro yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi tim utama, tahun ini Honda Racing Corporation (HRC) kembali ke balapan adu ketahanan serta memiliki partner baru Red Bull sebagai tim pabrikan Honda di Suzuka 8 Hours 2018. Mengandalkan trio pembalap, Takumi Takahashi kemudian Takaaki Nakagami dari LCR Honda di MotoGP, bergabung pula Leon Camier rider World SBK. Istimewanya lagi, tim pabrikan utama Red Bull Honda with Japan Post akan menggunakan factory bike terbaru Honda CBR1000RRW sementara tim-tim Honda lainnya CBR1000RR SP2.

Takaaki Nakagami Temani Crutchlow
Takaaki Nakagami menjadi rider abrikan HRC di Suzuka 8 Hours 2018

“ Untuk pertamakali dalam satu dekade saya kembali dengan Honda sebagai tim pabrikan. Kami memiliki materi tim untuk juara dengan motor potensial. Semua orang di Honda menginginkan Honda kembali meraih gelar di Suzuka 8 Hours. Saya bersama dua pembalap lainnya akan bekerja sama untuk menang,” komentar Takaaki Nakagami.

Selain itu, Honda di Suzuka 8 Hours 2018 akan diperkuat F.C.C. TSR Honda yang saat ini memuncaki klasemen kejuaraan balap ketahanan dunia dan jawara di seri kedua Le Mans 24 hours  serta seri keempat  8 Hours of Oschersleben. Tim ini mengandalkan  trio pembalap Freddy Foray, Josh Hook dan Alan Techer.

Tim lainnya  yang patut diperhitungkan dan menjadi tumpuan Honda adalah KYB Moriwaki Motul Racing dengan skuad  Yuki Takahashi, Ryuichi Kiyonari dan Dan Linfoot. Sementara  tim utama lainnya Musashi RT HARC-PRO mengumumkan nama Dominique Aegerter, Patrick ‘PJ’ Jacobsen dan local hero Mizuno Ryo.

Gempuran lainnya akan datang dari Honda Asia-Dream Racing yang diperkuat pembalap Indonesia Andi Gilang yang akan bahu-membahu bersama Md Zaqhwan Zaidi dan Troy Herfoss. Lalu ada tim Honda DREAM RT Sakurai Honda, Team SuP Dream Honda dan   au&Teluru・Kohara RT. (Arif/nm)

Daftar Tim Honda di Suzuka 8 Hours 2018

5 F.C.C. TSR Honda France CBR1000RR SP2 Freddy Foray, Josh Hook, Alan Techer
19 KYB MORIWAKI MOTUL RACING CBR1000RR SP2 Yuki Takahashi, Ryuichi Kiyonari, Dan Linfoot
22 Honda Asia-Dream Racing CBR1000RR SP2 Md Zaqhwan Zaidi, Troy Herfoss, Andi Farid Izdihar
33 Red Bull Honda with Japan Post CBR1000RRW Takumi Takahashi, Takaaki Nakagami, Leon Camier
72 Honda DREAM RT Sakurai Honda CBR1000RR SP2 Sodo Hamahara, Shinichi Ito
79 Team SuP Dream Honda CBR1000RR SP2 Tatsuya Yamaguchi, Ryosuke Iwato, Kosuke Sakumoto
090 au&Teluru・MotoUP RT CBR1000RR SP2 Kosuke Akiyoshi, Tetsuta Nagashima, Isaac Vinales
634 MuSASHi RT HARC-PRO. Honda CBR1000RR SP2 Ryo Mizuno, Dominique Aegerter, Patrick Jacobsen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here