Raup Rp 6,25 Triliun, Federal Oil Resmi Pindah Tangan di Bawah ExxonMobil

0
Federal Oil
Federal Oil dan Federal Mobil akhirnya resmi menjadi bagian dari bisnis Esso Petroleum Company dan ExxonMobil.

NaikMotor – Federal Oil dan Federal Mobil resmi menjadi bagian dari bisnis Esso Petroleum Company dan ExxonMobil. Pelumas asli Indonesia itu pindah kepemilikan dengan nilai transaksi USD 436 juta atau Rp 6.25 triliun.

Pemindahan kepemilikan ditandai dengan perjanjian jual beli saham antara PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) induk PT Federal Karyatama (FKT), produsen Federal Oil dan Federal Mobil kepada perusahaan gas minyak Amerika ExxonMobil.

Penyelesaian transaksi ini ditandai dengan penandatanganan akta jual beli pada Kamis 28 Juni 2018 setelah memenuhi semua persyaratan untuk penyelesaian transaksi di kuartal kedua 2018.

Federal Oil
Group CEO MPMX Rudy Halim bersama dengan perwakilan board of director MPMX bersama Esso Petroleum Company,

Rudy Halim, Grup CEO MPMX mengatakan, kerjasama ExxonMobil dan FKT akan berhasil karena transaksi ini akan membawa FKT untuk mencapai integrasi vertikal yang memicu pertumbuhan yang lebih tinggi dan memasuki pasar baru.

“Kami senang karena pasca transaksi, MPMX melalui anak-anak perusahaannya akan tetap menjadi mitra bisnis utama FKT, terutama dalam hal distribusi, penjualan dan pemasaran produk FKT di pasar-pasar utama tertentu,” kata Rudy.

Lewat akuisisi ini ExxonMobil mendapatkan merek jual Federal Oil dan pabrik pencampuran produksi pelumas dengan kapasitas 700.000 barel per tahun di Cilegon, Banten, serta mendapat karyawan dan distributor FKT.

Exxon mengatakan ingin mempercepat pertumbuhan pasar mereka di Indonesia. Salah satu caranya yaitu mengakuisisi FKT, hal ini penting sebab dinilai memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam strategi bisnis pelumas di Indonesia.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here