Gubernur Ganjar Pranowo Apresiasi AHM dalam Peningkatan Mutu SMK

0
119
Gubernur-Ganjar-Pranowo-serahkan-penghargaan-Ahmad-Muhibbudin-AHM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan kepada Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin atas partisipasi AHM dalam Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMK di Jawa Tengah pada acara Ekspo Produk dan Job Fair SMK 2015 di SMA Taruna Nusantara, Magelang (28/7). Foto: AHM

Magelang (naikmotor) – PT Astra Honda Motor melalui program SMK Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) memiliki 26 SMK binaan di Jawa Tengah untuk memfasilitasi pengembangan bakat para pelajar di bidang otomotif roda dua.

Atas usahanya dalam memfasilitasi dunia pendidikan dan usaha di wilayah Jawa Tengah serta pengembangan dan peningkatan mutu SMK, PT Astra Honda Motor (AHM) mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Selain itu, Gubernur Ganjar juga mengapresiasi komitmen AHM dalam menyerap tenaga kerja dari wilayah provinsi tersebut.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan penghargaan tersebut kepada Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di sela-sela acara Ekspo Produk dan Job Fair SMK 2015 yang berlangsung di SMA Taruna Nusantara Magelang, Selasa, 28 Juli. Turut hadir dalam acara ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anis Baswedan.

Ganjar Pranowo menyatakan Jateng merupakan salah satu provinsi pemasok tenaga kerja lulusan SMK terbesar di Indonesia. Ke depan, kompetensi perlu terus ditingkatkan agar memiliki daya saing.

“Karena itu perlu sinergi yang terus menerus antara ABG, yaitu akademisi, bussinessman, dan goverment.”

Muhibbuddin yang juga Kepala Program Pendidikan Satu Hati AHM ini menyatakan perusahaan memiliki perhatian yang besar dalam mengembangkan implementasi program link and match antara dunia pendidikan dengan dunia usaha dan industri‎. Program ini dikembangkan melalui SMK KTSM Honda yang saat ini jumlahnya mencapai 344, tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

“Di Jawa Tengah hingga saat ini ada 26 SMK binaan Honda.‎ Harapannya setelah lulus mereka bisa jadi mekanik handal di jaringan bengkel resmi AHASS, berwirausaha dengan buka bengkel sendiri atau bekerja di perusahaan kami. Dari sini kami harapkan link and match dunia pendidikan dan industri bisa terimplementasi secara optimal.”

‎Tenaga Kerja

Muhibbuddin menuturkan salah satu peran penting industri otomotif selain mengembangkan ‎alat mobilitas bagi masyarakat adalah turut menciptakan lapangan kerja. AHM sendiri saat ini memiliki jumlah tenaga kerja sebanyak 22.500 yang tersebar di fasilitas pabriknya di kawasan Sunter, Pegangsaan, Karawang, dan Cikarang.

Jumlah tersebut akan bertambah menjadi sekitar 300.000 orang jika memperhatikan mereka yang bekerja di rantai bisnis AHM, baik di hulu maupun hilir.

“Dengan asumsi 1 karyawan memiliki 3 anggota keluarga, jumlah orang yang terkait dengan bisnis roda dua Honda bisa mencapai lebih dari 1,2 juta orang.”

Dia mengungkapkan Jawa Tengah sendiri merupakan salah satu pemasok utama calon tenaga kerja di fasilitas produksi AHM. Total karyawan yang diterima bekerja di AHM dari wilayah Jawa Tengah sejak tahun 2004 hingga saat ini sekitar 20.000 karyawan.

“Tahun lalu, yang lolos medical check up dari Jateng tercatat 2.346 orang dari total 6.000 karyawan  yang diterima bekerja di AHM. Tahun ini, lebih dari 4.000 orang dari provinsi ini akan bekerja di pabrik kami. Mayoritas mereka adalah lulusan Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK binaan kami,” ungkapnya. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

*