Zona Run-off Sirkuit Red Bull Ring Austria, Tak Aman untuk MotoGP

2
run-off sirkuit red bull ring austria
run-off sirkuit red bull ring austria
Zona run-off yang sudah ditutup aspal di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Foto: Google Map

Spielberg (naikmotor) Zona run-off bagi ajang balap motor yang mampu mencapai kecepatan di atas 300 km per jam, tentunya cukup vital. Bukan hanya sebagai safety pembalap saat terjatuh pada kecepatan tinggi, namun juga berfungsi untuk menhalang laju kendaraan yang melesat. Mengingat materialnya terbuat dari kerikil halus dan cukup empuk.

Namun sejak adanya anggapan tentang zona run-off yang efektif jika menggunakan aspal atau kombinasi aspal dan kerikil, membuat banyak insiden terjadi. Salah satu sirkuit yang bakal menyelenggarakan balap MotoGP dan punya banyak zona run-off dari aspal adalah sirkuit Red Bull Ring, di Austria.

Jika melihat secara kasar, terdapat 5 titik zona run-off dari aspal. Penempatannya pun cukup riskan karena berada di tikungan setelah trek lurus nan panjang. Artinya kecepatan motor sebelum masuk di tikungan tersebut, mungkin saja menembus 300 km per jam. Sehingga jika terjadi kegagalan sistem pengereman atau terjatuh karena sirkuit basah, rasanya motor dan pembalapnya akan tergelosor hingga ke pembatas sirkuit.

Casey Stoner yang dijadwalkan melakukan pengetesan di sirkuit tersebut pekan depan, menegaskan bahwa sirkuit tersebut tak aman jika melihat zona run-off nya. “Saya khawatir dengan zona run-off di sirkuit ini. Bayangkan saja jika nanti hujan, pembalap yang terjatuh rasanya takkan melambat. Harusnya penyelenggara balapan atau pengelola sirkuit lebih aware pada hal safety,” ujar Stoner.

“Bagi mereka yang bilang itu aman, bagi saya tidak sama sekali. Ini hanya menguntungkan bagi pembalap yang ingin melakukan pengereman yang lebih dekat ke tikungan dan akhirnya keluar jalur. Tapi jika berbicara tentang safety, tidak ada yang diuntungkan dengan model seperti ini.”

Sedikit flash back, kematian Luis Salom di sesi latihan kedua kelas Moto2 di Sirkuit Catalunya, Spanyol beberapa waktu lalu, menjadi duka besar bagi dunia balap MotoGP. Serangkaian perombakan pun dilakukan pada layout-nya dengan alasan bahwa zona run-off yang terdapat di sana cukup berbahaya.

Sirkuit Catalunya, adalah salah satu contoh sirkuit yang bisa dibilang tak ramah pada pembalap motor untuk beberapa spot. Lantaran zona run-off yang terbuat dari aspal, tak mampu menghentikan laju motor yang terjatuh berikut juga pembalapnya. (Spy/NM)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here