Rossi Jajal Desain Fairing Baru M1 di Hari Kedua Tes MotoGP Sepang

3
Hari kedua Tes MotoGP Sepang
Bentuk fairing baru Yamaha. Foto: Crash Media

NaikMotor – Tim Movistar Yamaha menampakkan desain fairing terbaru pada hari kedua Tes MotoGP Sepang 2017, Selasa (31/1/2017). Fairing tersebut memiliki bagian sisi yang menjorok keluar, nampak seperti menggelembung.

Setelah winglet resmi dilarang untuk MotoGP 2017, Yamaha menjadi pabrikan pertama yang menggunakan desain fairing baru. Ducati yang merupakan pencetus winglet di MotoGP pun belum memperlihatkan fairing yang akan digunakan tahun ini, mereka justru memasang body tambahan di bagian belakang, yang belum diketahui pasti fungsinya.

Fairing terbaru pada motor Yamaha M1 yang ditunggangi Valentino Rossi memiliki bagian sisi yang lebih kembung, dengan tiga rongga di bagian depan. Dalam rongga tersebut, terdapat dua bagian yang berbentuk seperti winglet dalam ukuran sangat kecil dan terintegrasi langsung dengan fairing.

fairing_yamaha_3

Belum diketahui pasti karakter dari fairing kembung dan dua bagian mirip winglet di bagian rongga. Sepertinya, ini merupakan strategi Yamaha untuk mengakali pelarangan winglet yang berfungsi dalam aerodinamik motor, yakni menghasilkan downforce saat motor berakselerasi, terutama saat masuk dan keluar dari tikungan.

Bagian cembung  tersebut tentu harus menjadi kesatuan dengan fairing, sebab dalam regulasi MotoGP dikatakan tidak boleh memasang komponen yang tidak terintegrasi dengan fairing atau body.

Belum ada komentar dari Rossi mengenai efek penggunaan fairing ini di hari kedua tes MotoGP Sepang, namun dari catatan waktu yang diraihnya  menembus waktu 2.00,254 detik dari sebelum memakainya dengan waktu 2.04,171 detik.

Perangkat yang diyakini sebagai peranti aerodinamis ini juga ternyata ikut dijajal oleh Vinales yang berhasil mencetak waktu terbaik kedua di hari ini dengan menorehkan 1.59,452 detik. ” Saya mencoba fairing baru tetapi tidak boleh mengatakan apapun soal ini,” sebut Vinales.  (Yudistira/nm)

fairing_yamaha_1

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*