Jonas Folger, Rookie MotoGP yang Terus Mengilap Mendobrak Pabrikan

0
Rookie MotoGP
Jonas Folger tampil meyakinkan di sesi latihan pertama MotoGP Qatar. Foto: Speedweek

NaikMotor – Performa mengilap dan istimewa terus ditunjukan oleh rookie MotoGP sekaligus pembalap satelit Monster Yamaha Tech3, Jonas Folger. Penampilan konsisten ditunjukan pembalap kelahiran Jerman dari sesi tes pramusim hingga seri pembuka MotoGP Qatar 2017.

Di sesi latihan pertama, Folger sanggup menerobos ketangguhan para pembalap pabrikan dan berselisih 1,271 detik di bawah Vinales untuk mendudukkanya di posisi keempat. Ia sanggup membukukan waktu  1: 55,587 detik di lap terakhir, membuatnya lebih cepat dari Jorge Lorenzo yang setingkat di bawahnya serta meninggalkan idolanya, Valentino Rossi terdampar di posisi kesembilan.

Meski demikian, hasil waktu yang diraih Folger masih di bawah pencapaian terbaiknya di Losail pada sesi tes pramusim dengan torehan  1:54,807 detik. “ Saya membuat kesalahan di tikungan pertama dan kurang yakin bisa meraih waktu baik lagi. Tapi itu adalah latihan pertama, seperti  halnya pembalap lain, kita berakhir dengan ban lunak di trek,” ujar rookie MotoGP berusia 23 tahun asal Muhldorf, Jerman.

Diakui Folger, motor Yamaha M1 tunggangannya belum seratus persen optimal, masih butuh setup terutama soal elektronik. “ Kondisi trek juga kini tidak sebagus saat tes di sini, belum lagi tiupan angin yang menyulitkan untuk melakukan pengereman depan terutama di tikungan kedua.  Angin sangat mengganggu  karena  bisa mendorong motor  jauh keluar dari sudut tikungan biasanya, hal lainnya adalah sering mengakibatkan wheelie saat keluar,” beber Folger.

Untuk itulah, Folger akan meminta tim mekanik untuk bisa melakukan ubahan pada setting fork depan yang dianggapnya masih terlalu dalam saat masuk tikungan.”Kita perlu membuat beberapa perubahan elektronik untuk membuat motor lebih halus, terutama dalam kondisi berangin seperti ini,” sebut Folger.

Pujian terhadap penampilan Folger ikut dilontarkan Vinales yang menganggapnya sebagai pembalap cepat. “Dia luar biasa hebat membuat saya terkesan seperti halnya Zarzo. Ketika saya berada di jalur, ia sudah berada di belakang saya. Namun saya tidak mau diikuti (Folger),” sebut Vinales sambil tertawa. Malah, sekelas Rossi juga tak bisa menyembunyikan rasa kagumnya pada penampilan kedua rookie MotoGP 2017 yang notabene jadi sekutunya di Yamaha. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here