Teknologi 2WD BMW R1200GS dengan xDrive Hybrid Sekaligus Kontrol Traksi

0
BMW R1200GS Dengan xDrive
BMW Motorrad R1200GS xDrive Hybrid dilengkapi motor hub pada roda depannya sebagai penggerak tambahan. Foto: BMw Motorrad

NaikMotor – Pabrikan dari Munich melengkapi teknologi 2WD pada BMW R1200GS dengan XDrive Hybrid agar lebih tangguh saat digunakan menjelajah medan offroad. Roda depan BMW R1200GS kini dilengkapi motor listrik 33 kW.

Motor listrik sebagai penggerak tambahan itu akan membuat daya lontar R1200GS kini memiliki tenaga keluaran total 170 daya kuda. Dengan aplikasi sistem 2 wheels drive atau penggerak dua roda,performanya akan semakin bertambah untuk menaklukan hill climb, lumpur dan medan tak ramah lainnya.

Sebenarnya sistem penggerak dua roda atau 2WD pada sepeda motor bukan hanya BMW Motorrad yang memilikinya. Yamaha pernah memasangnya dengan teknologi 2-TRAC dan produsen Christini telah menawarkan sistem lebih kompleks pada gir dan penerus dayanya. Tetapi sistem Yamaha menyebabkan berkurangnya banyak daya mesin sementara sistem Christini sekitar hanya mampu menambah 0,1 daya kuda.

BMW Motorrad R1200GS Dengan xDrive
BMW Motorrad R1200GS xDrive korbankan salah satu cakram depan untuk menempatkan motor di roda depan. Foto: BMW Motorrad

Sistem penggerak semua roda pada BMW Motorrad menggunakan sistem desain Wunderlich. Penggerak bertenaga listrik diletakkan di hub depan dan tidak melibatkan sistem yang rumit. Sistem Wunderlich itu mampu juga membuat BMW R1200GS xDrive Hybrid itu bergerak mundur.

Sistem itu hanya menambahkan 880g saja pada berat unsprung dengan konsekuensi salah satu cakram rem depan terpaksa dilepas. Sebagai penggantinya, sistem tersebut akan berfungsi sebagai rem regeneratif. Jadi, saat perlambatan bisa mengisi baterai karena motor kini berubah menjadi generator. Sementara sistem ABS masih diterapkan sebagai fitur standar.

Dengan dilepasnya salah satu cakram sebenarnya berat telah berkurang 2,9 kg, jadi sebenarnya sistem 2WD itu justru tidak signifikan menambah berat unsprung tadi.

Dalam motor hub itu ditempatkan pula sistem kontrol traksi, sehingga jika R1200GS berada di permukaan licin, motor hub tak akan memaksa roda berputar cepat. Sistem kontrol traksi itu membuat BMW R1200GS dengan xDrive Hybrid menjadi sepeda motor pertama yang dilengkapi kontrol traksi pada roda depannya.

BMW Motorrad R1200GS Dengan xDrive
BMW Motorrad R1200GS dengan xDrive diaktifkan melalui tombol di stang kiri, bahkan untuk bergerak mundur. Foto: BMW Motorrad

Uniknya sistem gerak roda depan itu bisa dinonaktifkan dengan tombol yang berada pada stang kiri, bahkan dilengkapi dengan voice kontrol.

BMW Motorrad R1200GS dengan XDrive Hybrid rencananya akan mulai dipasarkan pada semester dua 2017. Demikian rilis BMW Motorrad sehubungan dengan April Mop. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*