Honda Gold Wing 2018 Diluncurkan Terbatas dengan Suspensi Baru

0
Honda Gold Wing 2018
Dua generasi Honda Gold Wing, Honda Gold Wing 2017 (kiri) dan Gold Wing 2018. Foto: Honda

NaikMotor – Honda Gold Wing 2018 diluncurkan di Motegi, Jepang, (24/10/2017). Namun, peluncurannya terbatas untuk kalangan media tertentu saja.

Media launch Honda Gold Wing 2018 itu setidaknya menyingkap berbagai prediksi dan rumors akan sosok big tourer Honda itu. Seperti suspensi depannya yang memang menggunakan double wishbone atau dikenal sebagai suspensi Hossack itu.

Supensi depan tourer Honda itu menggunakan sebuah wishbone pada bagian atas dan bawah seperti extender dari rangka. Serta ditautkan ke sebuah tabung yang bertindak sebagai engsel bagi garpu. Perangkat dibuat dari aluminium yang dicetak, berbentuk seperti Y terbalik yang memegang roda depan dan sistem rem.

Pada bagian atas, dua lengan akan meneruskan gerakan setang ke garpu memungkjnkan suspensi naik turun, sementara sebuah shockabsorber tunggal dibaut ke wishbone bawah, dan ke rangka.

Dalam sketsa tampak perbedaan cara menempatkan tabung kemudi utama yang ditautkan ke engsel depan wishbone. Sehingga wishbone bisa diperpanjang tanpa harus menambah dimensi panjang sepeda motor.

Penggunaan wishbone memungkinkan tambahan berat geometri, untuk mengurangi dive saat pengereman keras sebelum bagian belakang terangkat. Meskipun travel suspensi depan itu cukup panjang 127mm. Tentu akan berguna saat berkecepatan tinggi, sepeda motor akan stabil.

Honda Gold Wing Tour manual 6 percepatan

Sementara untuk sektor mesin tidak mengalami ubahan masih 1.833 cc 6 silinder horizontally opposed (boxer). Dengan penggerak akhir kopel.

Honda Gold Wing 218 ditawarkan dalam 2 model, Bagger Honda Gold Wing dan Touring Gold Wing. Model Bagger Honda Gld Wing ditawarkan dalam 2 varian transmisi, yakni Honda Gold Wing manual 6 percepatan dan DCT 7 percepatan. Sedangkan Model Touring dalam 3 varian, Honda Gold Wing Tour bertransmisi manual 6 percepatan, Gold Wing Tour DCT 7 percepatan, dan Gold Wing Tour DCT 7 percepatan Airbag. Khusus untuk varian dengan transmisi DCT akan dilengkapi dengan mode walking, baik untuk bergerak maju maupun mundur.

Harga Honda Gold Wing 2018 mulai dari sekitar Rp 319 jutaan (Bagger Manual) sampai Rp 427,5 jutaan (Touring DCT Airbag). (Afid/nm)

Honda goldwing bagger 2018
Honda Goldwing Bagger 2018 yang akan dihadirkan 24 Oktober 2017 mendatang. Foto: olipiel

LEAVE A REPLY

*