Marquez Cetak Pole, Duo Repsol Honda di Grid Terdepan MotoGP Indianapolis

0
Marquez-Pole-Indianapolis 2015
Setelah tercepat di sesi latihan ketiga, Marc Marquez melanjutkan tren positifnya dengan menjadi yang tercepat di kualifikasi MotoGP Indianapolis. Foto: Dorna MotoGP

Indianapolis (naikmotor) – Seperti prediksi yang kami berikan beberapa hari sebelumnya, bahwa Sirkuit Indianapolis Motor Speedway (IMS) memiliki karakter yang sesuai dengan karakter Honda RC213V, kembali terbukti. Marc Marquez keluar sebagai pembalap tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (8/8/2015) dengan pencapaian waktu tercepat 1:31.884.

Ia menjadi satu-satunya pembalap yang mampu menembus lap tercepat di bawah 1 menit 32 detik. Dan tentunya menjadi pengharapan untuk bisa tampil kembali sebagai pemenang sekaligus mencetak hat-trick kemenangan di sirkuit tersebut.

Satu-satunya pembalap yang sempat melakukan perlawanan adalah rekan setimnya sendiri yaitu Dani Pedrosa. Pembalap berbadan mungil itu menjadi memberikan perlawanan terbaiknya meraih grid start terbaik. Sayangnya, Ia melakukan sedikit kesalahan di run kedua dan gagal menembus lap tercepat di bawah 1 menit 32 detik.

“Mencari setup yang tepat untuk sirkuit ini, tidaklah mudah. Tapi tim melakukannya dengan sangat baik dan saya juga bisa tampil lebih percaya diri. Di run pertama, berlangsung dengan baik. Saya yakin, jika tak melakukan kesalahan, saya bisa mencetak lap tercepat di bawah 1 menit 32 detik,” yakin Pedrosa.

Jorge Lorenzo yang tampil dominan pada hari pertama, seakan tak mampu memberikan perlawanan terbaiknya di sesi ini. Ia hanya mampu meraih lap tercepat di urutan ketiga. Meski demikian, Ia punya strategi khusus agar bisa melakukan pertarungan di sesi balapan dengan duo pembalap Honda.

“Mereka punya motor yang memang sangat kompetitif di tipe sirkuit seperti ini. Tapi kondisi dan temperatur trek saat balapan memegang peran penting. Jadi pemilihan kompon ban serta cara memperlakukan ban saat balapan adalah kunci kemenangan,” prediksi Lorenzo.

Penghuni posisi tertinggi di klasemen pembalap yaitu Valentino Rossi, tak bisa berbuat banyak. Ia hanya mampu start di urutan ke-8 dan harus mulai menyusun strategi terbaiknya buat balapan besok. Pembalap kawakan itu malah terlihat lebih sibuk melakukan setup untuk sesi long run. Mengingat, karakter aspal di Indianapolis cukup abrasif, namun terkadang kondisi cuaca yang cepat berubah membuat pembalap jadi galau memilih kompon ban. (Spy/NM)

Hasil kualifiaksi MotoGP Indianapolis:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:31.884
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.171
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.302
4. Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) +0.324
5. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) +0.359
6. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.385
7. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.584
8. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.627
9. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.687
10. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.752
11. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.786
12. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.930

LEAVE A REPLY

*