Pakai Ban Slick di Trek Basah, Livio Loi Menangi Moto3 Indianapolis

0
Loi-Win-Moto3-Indi
Pembalap asal Belgia yaitu Livio Loi memenangi seri Moto3 Indianapolis 2015 dengan menggunakan ban slick meski lintasan basah. Foto: Crash Media

Indianapolis (naikmotor) – Prediksi cuaca di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway (IMS) rupanya tepat. Di mana hujan gerimis yang di beberapa titik, membuat permukaan sirkuit jadi basah. Mayoritas tim dan pembalap pun memilih untuk menggunakan tipe ban basah karena memang pada beberapa bagian sirkuit cukup licin.

Namun pembalap asal Belgia yaitu Livio Loi dan timnya justru membuat keputusan yang besar. Mereka mengaplikasi ban slick. “Kami mengambil keputusan ini karena hanya sebagian kecil sirkuit saja yang basah. Dan kondisinya akan mengering dengan cepat jika balapan sudah berlangsung. Terpenting Loi bisa menjaga konsistensi saat balapan. Hingga akhirnya keputusan kami terbukti ampuh!” beber punggawa tim

Loi yang keluar sebagai pemenang dengan selisih yang cukup masif yaitu sekitar 24 detik dari John McPhee yang finish di urutan kedua, pun merasa tak percaya dengan pencapaiannya itu.

“Keputusan tim untuk menggunakan ban tipe slick di balapan kali ini, adalah keputusan besar. Tapi saya percaya, makanya saya terus berupaya menjaga konsistensi di awal-awal balapan. Karena ada beberapa bagian sirkuit yang memang masih lembab. Jadi saya menunggu racing line sedikit mengering dan mulai tancap gas di pertengahan balapan,” bangga Loi.

Berbeda dengan Loi, McPhee yang keluar sebagai peraih posisi runner up, kali ini merasa berterimakasih pada timnya. Mengawali sesi lap pemanasan dengan ban basah, Ia justru masuk ke pit boks dan mengganti ban motornya sesaat sebelum balapan. Dan itu ternyata keputusan tepat.

Sementara Phillip Oettl, sudah menjalani balapan selama satu lap dan masuk ke pit boks melakukan penggantian ban. Sedangkan pembalap papan atas seperti Danny Kent, Miguel Oliveira dan beberapa lagi yang lain, malah terlena menggunakan ban basah. Mereka pun tak mampu finish di tempat yang seharusnya. (Spy/NM)

Hasil balap Moto3 Indianapolis:
1. Livio Loi BEL RW Racing GP (Honda) 40:50.747
2. John Mcphee GBR SAXOPRINT RTG (Honda) 41:29.607
3. Philipp Oettl GER Schedl GP Racing (KTM) 41m 48.528
4. Romano Fenati ITA SKY Racing Team VR46 (KTM) 42:6.043
5. Isaac Viñales SPA RBA Racing Team (KTM) 42:10.561
6. Enea Bastianini ITA Gresini Racing Team Moto3 (Honda) 42:14.548
7. Niccolò Antonelli ITA Ongetta-Rivacold (Honda) 42:15.333
8. Brad Binder RSA Red Bull KTM Ajo (KTM) 42:15.406
9. Jorge Navarro SPA Estrella Galicia 0,0 (Honda) 42:16.039
10. Jorge Martin SPA MAPFRE Team MAHINDRA (Mahindra) 42:25.852

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here