WSBK akan Bikin Kelas Murah Supersport 300 cc

0
245

motoamerica-ktm-rc390-rc-cup-racer-

(naikmotor.com) – Di dunia balapan, dibutuhkan terobosan dan inovasi untuk membuat suasana kompetisi tetap seru dan sponsor tetap happy mengucurkan dana. Hal ini coba dibidik oleh WSBK, di mana mereka tengah mempertimbangkan merancang kelas baru untuk entry level dengan kapasitas mesin kecil yang kini semakin berkembang yakni 300 cc.

Meskipun baru sekadar wacana, namun komisi teknik WSBK memiliki rencana untuk mengajak setiap perwakilan dari masing-masing pabrikan motor duduk bersama merumuskan kelas Supersport 300. Rencananya, mereka akan membolehkan berbagai kapasitas mesin dan konfigurasi untuk membuat balapan lebih murah dalam mencetak bibit-bibit muda.

Kelas baru tersebut tidak akan mengikuti kelas utama yang berkeliling dunia yang pasti akan menghabiskan biaya banyak, namun dipentas sebagai kejuaraan domestic. Beberapa kejuaraan yang sekarang ada misalnya KTM RC Cup 390 MotoAmerica dan kejuaraan Honda CBR250R di Canadian Superbike akan menjadi contoh dari konsep Supersport 300 cc. Selain dua kejuaraan OMR tersebut, dua pabrikan lain, Kawasaki memiliki Ninja 300 dan Yamaha dengan R3 adalah calon dari wacana digulirkannya kelas Supersport 300 cc.  Kita tunggu saja! (tdr/nm)

LEAVE A REPLY

*